Video ritual di Tapak Tuan, HAMAS : Disbudpar lalai dalam mengawasi

by -1,137 views
Ketua Himpunan Mahasiswa Aceh Selatan (HAMAS) Banda Aceh Mitra Saputra

MITRAPOL.com, Tapaktuan – Himpunan Mahasiswa Aceh Selatan (HAMAS) menuding Dinas Pariwisata Aceh Selatan lalai dalam memberikan pengawasan terhadap wisatawan yang datang ke Aceh Selatan, sehingga ritual yang dilakukan di objek wisata Tapak Tuan itu sempat terjadi, demikian tudingan ini disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Aceh Selatan (HAMAS) Banda Aceh Mitra Saputra kepada Mitrapol.com, di Banda Aceh Selasa (6/8/2019) malam.

Tudingan ini disampaikan menanggapi beredarnya video ritual yang dilakukan sekelompok orang yang menyerupai ritual non muslim.

“Jelas kelakuan ini bukan kultur atau budaya dari Aceh khususnya Aceh Selatan,” sesalnya.

Ia berharap pihak pengelola wisatawan Aceh Selatan harus membenahi sistem pengawasan terhadap wisatawan yang berkunjung ke Aceh Selatan termasuk memberikan edukasi terhadap wisatawan dalam melaksanakan kegiatannya untuk tidak berbenturan dengan kultur masyarakat setempat.

“Guna tidak terjadinya gesekan dan keresahan antara masyarakat sekitaran objek wisata tersebut yang mana masyarakat setempat tidak terbiasa dengan hal itu, sebab jika gesekan itu terjadi maka akan menurunnya minat wisatawan yg datang ke Aceh Selatan,” ujarnya.

Disisi lain menurutnya objek wisata di Aceh Selatan sangat banyak dengan suguhan panoroma yang indah yang tentunya akan memiliki nilai eksotis tersendiri bagi penikmatnya.

“Kita tidak ingin gara-gara kurang nya pengawasan dari pihak pengelola wisata berdampak terhadap kenyamanan masyarakat setempat yang kita yakini tidak mau menerima kegiatan-kegiatan yg dinilai bukan dari kulturnya,” tambahnya.

HAMAS meminta kepada pihak Dinas pariwisata Aceh Selatan untuk juga memberikan pemahaman atau edukasi terhadap masyarakat dan wisatawan yang datang ke Aceh Selatan untuk sama-sama menghargai kultur setempat.

“Masyarakat Aceh Selatan sangat welcome dengan wisatawan yang berkunjung, akan tetapi kultur dan budaya kita harus dihargai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tutupnya.

 

 

Reporter: Safdar S

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *