TNI – Polri gandeng Pemkab Mimika dan Ormas kawal pemakaman Uskup Timika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) libatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan Organisasi Masyarakat (Ormas) dalam pengawalan dan pengamanan prosesi pemakaman Uskup Timika, John Philip Saklil, Pr.

Pengamanan gabungan melibatkan Dinas Perhubungan Mimika, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Mimika, dan berbagai Organisasi Masyarakat yang ada di Kabupaten Mimika, Papua

Meskipun diguyur hujan, ribuan umat Katolik di Timika tetap dengan hikmat berjalan kaki sambil mengiringi jenazah Uskup Saklil dengan jarak tempuh hampir tiga kilo meter.

Jenazah imam katolik tertinggi Timika itu diarak menggunakan mobil ambulans dan disisipi berbagai karangan bunga ucapan bela sungkawa.

Titik awal start dimulai dari Gereja Katedral Tiga Raja Timika dan berakhir di kediaman almarhum Uskup Saklil, tepatnya diarea perumahan keuskupan Timika yang menjadi tempat peristirahatan terakhir.

Selama Uskup Saklil disemayamkan di Gereja Tiga Raja Timika hingga Peristirahatan terakhir diarea Kantor Keuskupan Timika, Papua

Kepolisian Mimika melakukan pengawalan dan pengamanan gabungan melekat.

Pengawalan dan pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto, S.Ik, MH, didampingi Komandan kodim (Dandim) 1707/Mimika, Letkol Infanteri, Pio L. Nainggolan.

Kapolres Mimika, AKBP. Agung Marlianto kepada MITRAPOL usai memimpin apel gabungan untuk persiapan pemakaman Uskup Timika, Rabu, (07/08) menyatakan, kepolisian bersama mitra kerja kepolisian dan TNI ssrta stakeholder lainya ikut mengawal dan mengamankan pemakaman jenazah Uskup Timika hingga berakhir.

“Kita betul-betul memberikan pendampingan dan menjamin keamanan dalam pengawalan jenazah Imam tertinggi umat katolik di Mimika ini, ini tentu merupakan kepercayaan yang tinggi kepada kami (polisi) sehingga akan kita jalankan dengan sebaik-baiknya, demi pemakaman ini berjalan aman dan kondusif,” ujar Kapolres.

Kita (Polisi) sudah melakukan rekayasa lalu lintas dan memberitahukan ke masyarakat melalui radio dan media sosial.

Kapolres menyebutkan sebanyak 384 TNI/Polri dilibatkan dan ditambah dengan Peronil Satpol PP, Dishub Mimika, dan Organisasi Masyarakat termasuk Orari.

Kapolres menambahkan selama lima hari Jenazah Uskup John Philip Saklil, Pr. Disemayamkan, sedikitnya ada lima orang yang diamankan pihak Kepolisian Mimika, Papua.

“Ada Lima yang diamankan, tiga (orang) sudah dipulangkan dua lainya karena baru (diamankan) pagi tadi, sehingga masih kita amankan”. Beber Kapolres Marlianto.

Kapolres menambahkan, Rata-rata oknum yang diamankan karena dalam keadaan mabuk minuman keras (miras).

Marlianto juga menyampaikan bahwa, sesuai permintaan dari Romo (Pastor) bahwa dalam jalanya pemakaman apabila ada oknum-oknum tertentu yang ingin mengganggu jalanya pemakaman maka keamanan dalam hal ini kepolisian agar menidak tegas.

Pantauan MITRAPOL hingga berita ini ditayangkan, pemakaman Uskup. Keuskupan Timika, John Philip Saklil, Pr. yang dihadiri ribuan umat katolik dan tamu dari berbagai daerah di pelosok indonesia, berjalan aman dan lancar.

 

 

Reporter : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *