Dialog Interaktif Polisi Menyapa dengan tema penanganan kejahatan jalanan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jayapura Papua – Dir Samapta Polda Papua Kombes Pol Yan Frits Kaiway, didampingi Kasubbid penmas kompol Anton Ampang menjadi narasumber dalam kegiatan dialog Polisi Menyapa, dengan tema penanganan kejahatan jalanan atau Street Crime, di Studio RRI Pro1 Jayapura. Kamis (8/8/2019).

Dalam kesempatan ini Dir Samapta Polda Papua Kombes Pol Yan Frits Kaiway menyampaikan definisi kejahatan jalanan.

“Kejahatan jalanan adalah apa dilakukan oleh pelaku dijalananj contohnya yang lagi marak sekarang yaitu penjambretan yang dilakukan oleh pelaku dengan mengincar korbanya dan membuntuti atau dengan menghadang kemudian mengambil barang milik korban secara paksa,” Jelas Yan Frits.

Lanjut Yan Frits, sudah ada berapa kasus, untuk pencegahanan Direktorat Samapta sudah melakukan beberapa pencegahan dengan patroli dengan menghadirkan Polisi berseragam guna mencegah terjadinya tindak pidana di jalan, untuk penjambretan sendiri yang sudah dilaporkan untuk sampai bulan Juli ini 3 kasus, sedangkan yang tidak dilaporkan bisa lebih dari itu.

Saat melakukan patroli apabila anggota mendapatkan kendaraan yang mencurigakan, akan diperiksa apabila didapati juga senjata tajam akan diamankan dan akan didalami ada indikasi curanmor atau tidak, apabila memang terbukti maka akan dilimpahkan ke fungsi Reskrim, apabila itu curanmor akan dilimpahkan ke Lantas untuk melihat kembali surat surat kendaraannya.

Dari 8 Kabupaten hampir seluruhnya rawan kejahatan dan melakukan patroli guna mencegah kejahatan jalanan, termasuk orang mabuk, anak – anak lem, geng motor, judi, pelaku penganiayaan, pelaku kita amankan untuk kita limpahkan ke Reskrim. Direktorat Samapta juga melakukan penegakan hukum yang terbatas, seperti melakukan penegakan hukum tipiring seperti orang mabuk.

Upaya-upaya yang dilakukan Direktorat Samapta ada 3 yang berkaitan dengan diskreasi Kepolisian yakni patroli dialogis, quick qwins, penindakan kepada tindakan kejahatan jalanan. Patroli dialogis dilakukan dengan menyambangi baik itu tukang ojek, komunitas dan lainya, dan biasanya yang dilaporkan kebanyakan orang mabuk.

Ada beberapa juga yang melaporkan tentang kejadian pencurian, diharapkan masyarakat melaporkan kejadian sekecil apapun untuk melaporkan masalah tersebut melalui nomor hp anggota yang sudah diberikan pada saat patroli.

Selain itu tanggapan dari masyarakat tentang kenakalan remaja yang membawa kendaraan secara ugal-ugalan, serta pemalangan yang terjadi di beberapa tempat. Kami akan meningkatkan patroli dan menindak tegas tentang pengendara yang ugal – ugalan dan melakukan tindakan tegas juga kepada pelaku – pelaku yang melakukan pemalangan.

Untuk mencegah aksi kejahatan di jalanan kami memberikan beberapa tips agar terhindar dri kejahatan jalanan, yang pertama sebelum sebelum melangkah harus berdoa, jangan memakai perhiasan yang mencolok dan membawa tas di taruh didepan kalau ada yang mencurigakan mendatangi Pos Polisi terdekat. Kalau mengambil uang selalu waspada kalau mencurigakan meminta tolong kepada pos Polisi terdekat.

Direktorat Samapta akan berusaha semaksimal mungkin untuk menekan kejahatan jalanan, kami berharap kepada masyarakat untuk tidak segan – segan menyampaikan setiap permalasahan kepada Kepolisian, kemudian nomor hp yang sudah diberikan untuk sebagai percepatan. Kalau bisa masyarakat berkewajiban menjadi polisi di lingkunganya, mungkin dengan membangun poskamling dan lainya, Pungkasnya.

 

 

Reporter : Titin Suprihatin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *