Hari Raya Idul Adha 1440 H / 2019 M, Kapolda Papua serahkan Hewan Qurban

by -39 views

MITRAPOL.com, Jayapura Papua – Personil Polda Papua melaksanakan pemotongan dan pendistribusian hewan Qurban kepada masyarakat dalam rangka hari raya idul adha 1440 H. Minggu,(11/8/19). di samping Masjid Al Muminun.

Acara di Hadiri Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Rudolf A. Rodja, Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, Irwasda Polda Papua selaku Ketua Panitia, PJU Polda Papua, Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua dan tamu undangan.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Rudolf A. Rodja, saat memberikan sambutannya

Kegiatan diawali dengan laporan dari ketua panitia yang menyampaikan Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa Karena pada hari yang cerah ini kita diberikan kesempatan untuk menyaksikan penyerahan, pemotongan hewan kurban dalam rangka idul adha 1440H / 2019M.

Dalam laporannya ketua panitia mengatakan, perlu kami laporkan kepada bapak Kapolda, hewan Qurban yang akan disembelih pada hari ini sebanyak 15 ekor kalau kita bandingkan dengan tahun yang lalu ada peningkatan dua ekor.

Dimana pada tahun lalu hanya 13 ekor. Adapun hewan qurban yang terkumpul pada hari ini merupakan hewan kurban yang bersifat perorangan maupun sifatnya urunan per ekor di mana 1 ekor sapi dihalalkan untuk di wajibkan 7 orang.

Untuk menyingkat waktu berkenan pada kesempatan yang baik ini kami mohon kepada bapak Kapolda untuk menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada panitia dan akan dilangsungkan dengan pemotongan untuk disalurkan kepada para fakir miskin para janda. Kurang lebih sekitar 150 KK.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Rudolf A. Rodja, saat menyerahkan Hewan Qurban kepada ketua panitia

Kapolda Papua dalam sambuatannya mengatakan marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena kita hadir di sini untuk mengikuti prosesi atau rangkaian penyembelihan hewan qurban yang akan diberikan kepada yang membutuhkan.

Acara ini ceritanya kurang lebih ribuan tahun yang lalu Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk mengorbankan putranya Ismail. Tuhan memerintahkan itu karena Nabi Ibrahim adalah nabi yang taat kepada Allah sehingga dia Ikhlas untuk mengorbankan anaknya. Ceritanya seperti saat ini, kita simbolis mengorbankan atau mengorbankan sapi atau kambing kepada yang membutuhkan.

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah menyiapkan acara ini dan juga nanti yang akan memotong hewan sesuaikan dengan yang harus dilakukan sehingga menjadi halal untuk diterima dan dimakan oleh yang berhak. Sekali lagi terima kasih, ini kita melaksanakan kegiatan yang luar biasa saya yakin bahwa apa yang sudah siapkan akan diterima dengan baik oleh Allah Subhanahu ta’ala di dalam amal ibadah Bapak Ibu sekalian.

 

 

Reporter : Titin Suprihatin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *