Ketua KPU Kabupaten Batang memberi piagam kepada Waka Polres Batang

  • Whatsapp
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Nur Tofan saat memberikan paigam penghargaan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 kepada Wakil Kepala Polres Batang Kompol Hartono

MITRAPOL com, Jateng – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang menghelat rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan tahapan pemilu 2019 di hotel Dewi Ratih, Rabu (7/8/19).

Ketua KPU Batang Nur Tofan mengatakan bahwa berdasar hasil evaluasi Pemilu Serentak 2019, KPU menerima saran dan kritik dari stakeholder yang pada intinya mereka menginginkan ada perubahan pelaksanaan pemilu pada lima tahun mendatang.

“Kita berharap masukan dan kritik dari pihak-pihak terkait bisa menjadi dasar dalam pelaksanaan pemilu selanjutnya,” katanya.

Ia mengatakan beberapa masukan yang diajukan masyarakat antara lain terkait dengan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara tidak dilaksanakan serentak lima jenis yaitu Pilpres, Pileg, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) karena hal itu dinilai terlau berat bagi penyelenggara.

Menurutnya, untuk partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019, naik sekitar 82 persen atau melebihi target yang ditentukan KPU pusat sebanyak 77,5 persen.

“Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Batang berjalan lancar dan tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Untuk saat ini tahapan Pemilu 2019, tinggal menyisakan satu tahapan lagi yaitu pelantikan anggota terpilih DPRD Kabupaten Batang periode 2019 – 2024,” terangnya.

Wakapolres Batang Kompol Hartono mengapresiasi terhadap kedewasaan berpolitik masyarakat yang ikut menjaga kelancaran maupun keamanan di wilayahnya masing-masing.

“Alkhamdulillah, pelaksanaan Pemilu serentak berjalan lancar dan aman. Kami mengapresiasi pada masyarakat yang bisa telah ikut menjaga kamtibmas kondusif, ini menunjukan warga sudah bisa melakukan kedewasaan berpolitik,” katanya.

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepada Desa Serentak 2019, lanjutnya, Polres telah melakukan berbagai kesiapan seperti melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan maupun masyarakat.

“Kita siap mengamankan pelaksanaan pilkades serentak di 206 desa agar berjalan kondusif. Pada pengamanan pilkades, kami juga akan dibantu dari Polda Jateng, Brimob, dan polres tetangga,” katanya.

 

 

Reporter : Irul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *