Warga Pekon Srimulyo Rayakan Hari Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H dengan berqurban

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Barat – Pada hari raya ini umat Islam berkumpul dan melakukan Shalat ‘Id bersama-sama di tanah lapang atau di Masjid, seperti ketika merayakan Idulfitri. Setelah Shalat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik di haramkan puasa bagi umat Islam.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

bertepatan 10 Dzulhijjah 1440 H, di masjid Nurussalam dusun Sidobinangun pekon (Desa) Srimulyo, Kecamatan Bandar Negri Suoh (BNS), Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung warga setempat melakukan penyembelihan kurban Tiga (3) ekor kambing. Masing-masing nama-nama yang mengurbankan, Suratman, Dede dan Arba

Orang tersebut memberikan qurban semata mata karena Allah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Semoga segala amal ibadahnya Beliau diterima disisi Allah SWT,” ungkap Ustadz Lukman hakim Minggu (11/08/19).

Penyembelihan qurban ditangani oleh ustadz Lukman Nurhakim, beserta jajaran kepanitiaan qurban dipimpin oleh Zainuddin sebagai iman masjid.

Yang kedua dipimpin oleh Mamat Hidayat sebagai salah satu tokoh agama, yang ketiga dipimpin oleh Darso sebagai Kepala pemangku dusun sidobinangun, yang ke empat dipimpin oleh Ocim sebagai BKM masjid Nurussalam.

Pembagian daging qurban tersebut dibagikan langsung kepada masyarakat sekitarnya, dan berjalan lancar tanpa ada halangan suatu apapun.

 

 

Reporter : Husen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *