Hari Pramuka ke – 58, Bupati Nias Barat: Banyak permasalahan kekinian ancam keutuhan NKRI

by -62 views

MITRAPOL.com, Nias Barat – Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd tampil sebagai Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Pramuka yang ke- 58 Tahun 2019 di halaman kantor bupati kabupaten Nias Barat, Rabu (14/8).

Bupati membacakan Pidato Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso yang isinya menyebutkan beberapa hal permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan NKRI.

Pertama-pertama Faduhusi Daely menyebutkan bahwa merebaknya korupsi, kolusi dan nepotisme; terpaparnya radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini.

Kedua; Globalisasi selain mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif. Ia memberi contoh dampak globalisasi yaitu kemudahan pemenuhan berbagai kebutuhan pangan tetapi dapat mengancam keberlangsungan nasib petani karena mudahnya bahan pangan dari negara lain masuk pasar Indonesia.

Artinya ketahanan pangan akan semakin rentan ketergantungan pada import dari negara lain. Ketiga; kerusakan dan pencemaran lingkungan; Keempat; Kegagalan umat manusia memelihara kelestarian linhkungannya yang menimbulkan bencana seperti longsor, kebakaran hutan dan lahan.

Untuk itu orang nomor satu di kabupaten Nias ini yang juga selaku ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berharap agar bersama-sama memberikan perhatian penuh atas berbagai permasalahan yang ia sebutkan itu.

Terlebih dalam segala upaya untuk menyeret gerakan pramuka kedalam wilayah politik. ” Hentikan segala upaya untuk menyeret gerakan pramuka kedalam wilayah politik praktis. Lupakan sejarah pahit masa lalu dimana gerakan pramuka terkotak-kotak dalam kelompok-kelompok berdasarkan afiliasi politik. Gerakan Pramuka adalah wadah tunggal, dan karenanya kita semua bersatu didalamnya,” tandasnya.

Upacara yang mengusung Tema,”Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI” itu terlaksana sukses dan tampil sebagai Perwira Pelapor Danramil Mandrehe sedangkan Komandan Upacara Sekretaris Satpol PP Kab. Nias Barat.

 

 

Reporter : Emanuel B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *