Bawa Sabu 55 kg dan Ekstasi 10.000 butir, Hendri Yosa dituntut hukuman mati

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Kurir sabu 55 kilogram dan ekstasi 10ribu butir, Hendri Yosa slias Hendri (29) warga Desa Blang Cut, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Aceh, dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Henny Merita dan Sarona Silalahi.

Persidangan di Pengadilan Negeri Medan, ruang cakra 4 Rabu (14/8/2019), dipimpin hakim ketua Domingus Silaban, terdakwa yang didampingi penasehat hukum Evaria Ginting, terlihat serius mendengar butir-butir tuntutan jaksa.

JPU Henny Merita dan Sarona Silalahi menyatakan, perbuatan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah tentang pemberantasan narkoba. Dengan begitu, terdakwa terbukti melanggar Pasal 114 (2) UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam dakwaan disebutkan, bermula terdakwa Hendri dihubungi Bang Adi (DPO), Minggu 17 Februari 2019, sekitar pukul 18.00 Wib, menyuruh menemani si NEK (DPO) orang suruhan Bang Adi mengambil sabu ke tengah laut.

Kemudian terdakwa pergi dengan menggunakan boat, setibanya di Kuala datang si NEK dengan menggunakan boat sendiri. Terdakwa takut ke tengah laut dan mengatakan boatnya rusak, akhirnya si Nek berangkat sendiri.

Keesokan harinya Bang ADI menyuruh terdakwa mengantarkan barang 5 buah tas yang berisi paket sabu dan pil ekstasi ke Medan.. Sekitar pukul 18.00 Wib, terdakwa Hendri berangkat dari rumah dengan sepeda motor ke pinggir jalan lintas dengan membawa 5 tas.

Satu jam kemudian, terdakwa menyetop Bus Simpati Star dengan membawa 5 tas dan langsung berangkat menuju ke Medan.

Selanjutnya, Selasa 19 Februari 2019, sekitar pukul 00.30 Wib, saat tiba di Besitang tepatnya SPBU AKR pinggir Jalan lintas Medandan-Banda Aceh, Bus berhenti dan tiba-tiba beberapa orang naik dan melakukan pemeriksaan.

Saat pemeriksaan, petugas menemukan sabu 55 bungkus plastik warna hijau dan kuning keemasan bertuliskan Guanyinwang berisi sabu 55 Kg dan 2 bungkus plastik berisi 10 ribu butir pil ekstasi warna orange gambar ikan. Selanjutnya terdakwa dibawa petugas ke kantor Ditresnarkoba Polda Sumut.

 

 

Reporter : Zul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *