Kepala Desa Fadoro Bahili gunakan dana desa sesuai amanah peraturan Menteri

  • Whatsapp
Kepala Desa Fadoro Bahili Restu Eli Gulo saat dikonfirmasi Mutrapol diruang kerjanya.

MITRAPOL.com, Nias Barat – Sesuai dengan Permen No. 16 Tahun 2018 yang diterbitkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, bahwa Dana Desa memiliki beberapa prioritas (Pasal 4). Untuk itu diharapkan agar desa memiliki arah dan pandangan mengenai pemanfaatan Dana Desa.

Prioritas Penggunaan Dana Desa tersebut adalah, Ayat 1: Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Ayat 2: Pritoritas Penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan prioritas yang bersifat lintas bidang. Ayat 3: Prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa berupa peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat Desa.

Restu Eli Gulo bersama aparat desa Fadoro Bahili didepan kantor desa yang cukup megah, anggaran dari Dana Desa

Memahami Amanah Permen itu, Kepala Desa Fadoro Bahili, kecamatan Mandrehe, Restu Eli Gulo mensinkronkan pengunaan Dana Desa dengan Peraturan Menteri. Kepada Mitrapol. Restu Eli menyebutkan bahwa penggunaan Dana Desa di desa Fadoro Bahili selalu mempedomani Peraturan Menteri sehingga penggunaan anggaran memenuhi harapan pemerintah pusat yang dapat dinikmati masyarakat Fadoro Bahili. ” Saya tetap berpedoman pada Peraturan Menteri ini sehingga anggaran itu efektif terhadap aspek kegiatan warga desa kami”, tandas Restu Eli di ruang kerjanya, di kantor Desa Fadoro Bahili, Kanis (15/8).

Restu Eli yang terpilih jadi Kepala Desa tahun 2017 dan dilantik tahun 2018 ini, juga sebagai Ketua Asosiasi Perangkat desa seluruh indonesia (APDESI) ini telah membangun Kantor desa, pengaspalan jalan didusun 2, pembangunan TPT pada tahun lalu. Ditahun ini dialokasikan untuk lanjutan pengaspalan jalan dusun 2 , pembangunan TPT, pengadaan lampu jalan sebanyak 25 unit dan rabat beton yakni pelebaran jalan, sekaligus juga membuat pot bunga dimasing-masing rumah penduduk.

Beberapa warga desa yang dijumpai Mitrapol mengakui Restueli Gulo merupakan sosok yang mereka banggakan sebagai pemimpin yang sangat memahami warganya.

 

 

Reporter : Emanuel B

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *