Operasi gabungan berhasil gagalkan penyelundupan narkoba

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Berbagai modus penyelundupan terus bermunculan, jasa titipan pun tak luput digarap. Sedikit lengah saja dari aparat, narkotika dan sejenisnya pun akan beredar dimana-mana.

Kali ini Bea Cukai Soekarno-Hatta bersama Polda Metro Jaya, Polresta Bandara dan Bareskrim Polri dalam operasi gabungan berhasil menggagalkan 5 kasus penyelundupan narkotika berupa 5.092 Gram Methamphetamine dan 13.917 butir Ekstasi.

Kepala KPU BC Tipe C Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang, menjelaskan bahwa 5 kasus penyelundupan Methamphetamine dan Ekstasi tersebut dilakukan melalui Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

“Total kasus penyelundupan ini terdiri dari 5 kasus yang keseluruhannya dilakukan dengan modus barang penumpang. Jumlah tersangka yang berhasil diamankan adalah 16 orang warga Negara Indonesia dan 5 orang warga Negara asing,” ungkap Erwin dalam konferensi pers di Kantor Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (15/8).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, para pelaku dapat diancam dengan hukuman pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana penjara paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum Rp10 Miliar ditambah 1/3 dalam hal barang bukti melebihi 1 kilogram.

Dalam upaya pemberantasan narkotika, lanjut Erwin ini bukan hanya merupakan tugas aparat hukum saja, melainkan juga dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam membendung peredaran narkotika dan melindungi generasi penerus bangsa dari penyalahgunaan narkotika.

 

 

Reporter : Fera/Sagala

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *