Mengabdi kepada masyarakat, Dosen St. Thomas dan Universitas Harapan jadikan guru paham komputer

  • Whatsapp
Dosen St. Thomas, Sinta Dameria Simanjuntak sedang membimbing guru di SDN Tampahan mengoperasikan perangkat komputer

MITRAPOL.com, Tobasa – Pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen Universitas St. Thomas, Sinta Dameria Simanjuntak dan Ari Usman dari Universitas Harapan membimbing guru di SDN 173529 Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir(Tobasa) berbuah baik membuat para tenaga pendidik di sekolah itu mulai paham penggunaan komputer.

“Setelah dibimbing oleh Sinta Dameria Simanjuntak dan Ari Usman kami sekarang sudah mulai memahami mengoperasionalkan komputer, “ujar seorang peserta, Rawana Sinaga, Jumat(16/8/2019) di SDN 173529 Tampahan.

Ia mengatakan, bimbingan yang didapat yang membantu dirinya untuk menjalankan profesi sebagai guru khususnya untuk menghadapi kenaikan pangkat membuat karya ilmiah.

“Tadinya agak canggung, sekarang sedikit demi sedikit tata cara menggunakan komputer dan kegunaan fitur sudah kami pahami dan akan kami lakukan secara berulang,” ucapnya.

Senada disampaikan Dewi Elfrida Napitupulu, sebagai tenaga operator komputer di SDN 17529 Tampahan mengakui meski sering mempergunakan komputer tetapi belum sepenuhnya menguasai perangkat dan saat ini setelah mendapat bimbingan dari Dosen St. Thomas, Sinta Dameria Simanjuntak banyak didapat ilmu.

“Banyak sistim maupun aplikasi yang sebelumnya kurang kami pahami sekarang sudah dimengerti, “ucapnya.

Ditambahkan Dewi, sebagai kelanjutan bimbingan khususnya kepada guru-guru yang saat ini sudah dapat memahami program ms word, geogebra, excel,spss,power point dan virtual manipulative diharapkan supaya ditambah waktu oleh pembimbing.

“Karena sangat berguna untuk mendukung program Kurikulum K-13 maka bimbingan ini sangat berguna untuk dilanjutkan,” harapnya.

Dosen St. Thomas, Sinta Dameria Simanjuntak mengakui bahwa seluruh guru yang dibimbing cukup antusias belajar sampai masing-masing guru membawa perangkat sendiri untuk belajar.

“Tujuan kami hanya satu, bagaimana mutu pendidikan supaya lebih maju yang dimulai dari gurunya. Dengan memberikan bimbingan kepada guru kita harapkan Kurikulum K-13 yang saat ini harus didukung komputer dapat dikuasai,” terangnya.

Menurut Sinta Dameria yang juga berencana menyelesesaikan kuliah SIII sajian komputer saat ini mampu membuat siapapun lebih maju dan berinovasi sebab dalam dunia internet semua kebutuhan sudah tersaji.

“Tinggal bagaimana kita, kalau kita ingin lebih maju silahkan belajar melalui sajian internet,” katanya.

Lanjut Sinta, program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dijalankan di Kecamatan Tampahan sudah berlangsung sejak bulan Mei 2019 dan akan berakhir pada November 2019 sepenuhnya didukung Kemenristekdikti.

“Terimakasih kepada Kemenristekdikti mempasilitasi seluruh pengabdian kami sehingga guru bisa lebih paham akan kemajuan dunia pendidikan,” terangnya.

 

Reporter : Abdi. S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *