Personil Polres Simeulue amankan aksi demo GM2PS

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Simeulue – Gerakan Masyarakat dan Mahasiswa Peduli Simeulue (GM2PS) menggelar aksi demonstrasi di Kantor DPRK Kabupaten Simeulue disamping Lapangan Pendopo Kabupaten Simeulue, Senin (19/08/2019).

120 Personil Polres Simeulue dibawah kendali Wakapolres Simeuluelue Kompol Rusman Sinaga, SS mengamankan aksi demo tersebut guna mengantisipasi aksi yang menyebabkan anarkhis.

Pengamanan aksi demo tersebut tidak hanya diamankan oleh personil Polres Simeulue ,melainkan dibantu oleh Personil Kodim 0115 Simeulue, Anggota Lanal dan Satpol PP,

Adapun tuntutan GM2PS (Gerakan Masyarakat dan Mahasiswa Peduli Simeulue) yaitu :

1. Mendesak pihak DPRK Simeulue untuk memulihkan nama baik Bupati Simeulue,

2. Mendesak Anggota DPRK Simeulue membuat pansus untuk pemakzulan Wakil Bupati Simeulue terkait dugaan mesum yang dilakukan tahun 2001

3. Mendesak Anggota DPRK Simeulue untuk menindak lanjuti kasus aliran dana PDKS kepada keluarga Darmili.

Aksi sempat memanas saat mahasiswa dan masyarakat mau Menerobos pintu gerbang Pagar Kantor DPRK, sekitar 600 para pengunjuk rasa madati depan Kantor DPRK. Situasi pun cukup memanas namun personil Polres Simeulue dibantu Personil Kodim 0115, Personil Lanal Simeulue dan Satpol PP berhasil mengamankan situasi tersebut.

Wakapolres Simeulue Kompol Rusman Sinaga melakukan negosiasi kepada seluruh mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRK setempat. Negosiasi tersebut ternyata mampu meredam emosi mahasiswa sehingga tidak terjadi keributan.

Tidak lama kemudian ketua DPRK Simeulue menerima 5 Perwakilan dari pengunjuk rasa yang dikawal langsung oleh wakapolres dan personil untuk memasuki ruangan DPRK guna dialog langsung atas tuntutan tersebut.

Unjuk rasa berlangsung damai dan massa membubarkan diri setelah menyampaikan aspirasinya dengan ber dialog.

Para pengunjuk rasa mengapresiasi aksi wakapolres Simeulue dengan negosiasinya dan himbauan serta penjelasannya kepada para mahasiswa dan masyarakat sehingga aksi unjuk rasa tersebut berjalan dengan damai dan tertib.

 

 

Reporter : Hendra Muryono

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *