Kerja Sama

  • Whatsapp
Oleh : Moratu Gajah

MITRAPOL.com, Medan – Jalannya roda pemerintahan yang baik,bersih dan bertanggungjawab jika seluruh stakeholder dilibatkan dan diajak bekerjasama. Kemajuan suatu daerah dapat tercipta dan tercapai jika pemerintah mampu mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat dan melibatkan diri.

Bupati dan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah harus jeli untuk menggali berbagai potensi SDM dan SDA di wilayah masing-masing.

Rendahnya tingkat partisipasi masyarakat menunjukkan komunikasi yang efektif dan efisien tidak terjalin dengan baik. Salah besar jika pemerintah merasa kuat dan mampu mensejahterakan masyarakat tanpa melibatkan stakeholder lainnya. Demikian pula DPRD salah besar jika merasa dapat mengawasi program dan kegiatan pemerintah tanpa keterlibatan para pemangku kepentingan lainnya.

Sinergitas antara eksekutif, legislatif, judikatif dan pertahanan keamanan harus berkomitmen dan berkomunikasi dengan baik, tanpa merasa saling membawahi. Itu sebabnya jika ada keterlibatan pihak ketiga diikutkan untuk mengelola program dan kegiatan pemerintah akan menghasilkan pemerintahan yang korup, otoriter, dan pasti tidak disukai oleh pemangku kepentingan lainnya.

Pemerintahan seperti ini akan selalu goyah dan mudah curiga dan cenderung arogan dan sok suci.

Sebagai fungsi pengawasan sering terbentur pada aturan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Semakin “dilemahkan” nya tugas, pokok dan fungsi DPRD di daerah menjadikan Bupati bagaikan raja di daerahnya.
Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi agar program dan kegiatan pembangunan dapat berjalan dengan baik. Bekerja dengan hati dan harus selalu mengutamakan kepentingan masyarakat.

 

 

Medan, 23 Agustus 2019

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *