Pledoi pengemplang pajak dasar tuntutan asumsi dan indikasi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Setelah dituntut tiga tahun pejara, terkait perkara pengemplangan pajak, giliran terdakwa Husin menyampaikan pledoi dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (26/8/2019).

Husin melalui penasehat hukum Hadiningtyas dan Zulkifl menyatakan, tuntutan jaksa berdasarkan pada asumsi dan tidak dapat membuktikan adanya pengemplangan pajak.

Persidangan dipimpin hakim ketua Erintua Damanik, dihadiri Jaksa Penuntut Umum (JPU ) T.Adlina dan Hendrik terlihat serius mendengar uraian pledoi (notabelaan ) terdakwa setebal 33 halaman.

Dikatakan, tidak ada saksi dan bukti-bukti tertulis yang menjelas adanya transaksi yang tidak sebenarnya, seperti yang dituduhkan jaksa pada tuntutannya.

Selain asumsi, tuduhan jaksa juga berangkat dari indikasi yang tidak berkaitan dengan transaksi CPO. Misalnya, kantornya berada di rumah, ukurannya kecil, modalnya juga kecil dan karyawannya cuma satu orang, tapi transaksinya puluhan miliar.

” Jika ukurannys, kantornya jecil, karyawan cuma satu, dijadikan dasar tuntutan adanya pengemplangan pajak, kan kurang tepat. Itukan cuma indikasi bukan fakta-fakta,” jelas Hadiningtyas kepada wartawan usai sidang.

Perlu diingat, terdakwa sengaja menerbitkan dan menggunakan faktur pajak, bukti setoran pajak yang tidak berdasarkan transaksi yang sebenarnya. Bahkan, berbarengan beberapa perbuatan, sehingga harus dipandang sebagai satu perbuatan berkelanjutan.

Selain itu dituntut 3 tahun penjara, terdakwa warga Jalan Lahat, Sei Rengas I, Kecamatan Medan Kota ini, dituntut membayar denda Rp215 miliar atau dua kali kerugian negara sebesar Rp107, subsidair 6 bulan kurungan.

Husin terbukti melanggar Pasal 39 A huruf (a) jo Pasal 43 Ayat (1) UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 16 Tahun 2009 Jo Pasal 64 ayat (1) KUH Pidana.

 

 

Reporter : Zul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *