Pemohon SIM di Satlantas Adinegoro harus miliki “Sertifikat Bilal”

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Satlantas Medan membuat peraturan sendiri bagi pemohon pengurusan SIM (Surat Izin Mengrmudi), pemohon memiliki “Sertifikat Bilal” baru bisa memiliki SIM.

Sertifikat Bilal dimaksud adalah sertifikat lulus ujian mengemudi di Jalan Bilal, Medan, yakni ujian mengemudi di areal eks sekolah Polisi Sampali.

Sumber mitrapol menyebutkan, tidak ada kewajiban bagi pemohon untuk memiliki sertifikat lulus ujian mengemudi  untuk mendapat SIM.  Sebab banyak pemohon sudah lancar mengendarai mobil maupun mengedarai sepeda motor, baru kemudian mengurus SIM.

Bahkan ada pemohon yang sebelumnya sudah memiliki SIM, namun karena sudah habis masa berlakunya maka  harus mengurus SIM yang baru, kan tak perlu lagi ujian mengemudi,  papar sumber, Selasa (26/8/2019) di Medan.

Dikatakan, syarat harus memiliki sertifikat ujian mengemudi untuk mendapatkan SIM, syarat yang dibuat-buat oleh  Satlantas Adinegoro,

“Syarat seperti itu tak ada di daerah lain. Mungkin hanya Satlantas Adinegoro yang memiliki syarat seperti itu untuk mendapatkan SIM,” tambah sumber tadi.

Tulus Harahap, merupakan salah seorang pemohon yang gagal mendapatkan SIM C, karena tidak memiliki “Sertifikat Bilal”. Padahal sebagai salesmen, dia sangat mebutuhkan  SIM C.

Setelah sering gagal, sejak 2017, untuk mendapatkan SIM C, akhirnya Harahap mengetahui dari seorang petugas, untuk mendapatkan SIM,  harus memiliki sertifikat lulus ujian mengemudi di jalan Bilal.

Kacaunya, untuk mendapat serifikat lulus ujian mengemudi, pemohon harus membayar Rp 420 ribu. Nah  total biaya yang harus dikeluarkan pemohon untuk mendapatkan SIM C, sebesar  Rp 800 – 900 ribu.

Selain itu ada tambahan lagi, kalau tidak ikut ujian teori dan praktek harus bayar Rp 100 ribu.

Untuk mendapat ” Sertifikat Bilal” bagi pemohon SIM A sebesar Rp 450 ribu, sedangkan pemohon SIM B sebesar Rp 550 ribu. Nah jika ditambah dengan biaya pengrusan SIM, maka  yang harus dibayar pemohon SIM A dan SIM B bisa mencapai diatas satu juta rupiah.

 

 

Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *