Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi HUT RI ke 74 Kabupaten Pakpak Barat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat – Raungan panjang suara sirine yang membahana di Lapangan Napasengkut, Salak pada Sabtu (17/08), menjadi penanda pada Upacara Peringatan HUT ke-74 RI tingkat Kabupaten Pakpak Bharat, dengan Inspektur Upacara, Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA.

Hentak seirama para putra-putri Pakpak Bharat yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) juga menjadi momentum yang paling ditunggu dengan membentuk formasi angka 74, sebagai simbolisasi 74 tahun negara ini merdeka.

Bertindak selaku pembawa baki bendera, Eunike Nadin Pasaribu, siswi kelas XI SMA Negeri 1 Salak, jurusan MIA. Untuk petugas pengibar bendera adalah Leo Sagala, siswa kelas XI SMAN 1 Salak jurusan IPS, Irvan Hasolohan, siswa kelas XI SMKN 1 PGGS jurusan TKR, dan Sahmo Aku Dokken, siswa kelas XII SMAN 1 Salak.

Komandan Paskibra pada tahun ini adalah Bripka Sehat Togatorop, Kanit Intel Polres Pakpak Bharat, sedangkan komandan upacara adalah Iptu Tugono, SH, Kasat Res Narkoba Polres Pakpak Bharat.

Dalam upacara ini juga dilakukan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD, Sonni P. Berutu, S.Th. Pasca pelaksanaan upacara juga dilakukan pemberian hadiah bagi para pemenang perlombaan dalam rangka HUT RI. Selain itu juga dilakukan beragam atraksi oleh para Paskibra, marching band dan lain-lain.

Hadir dalam upacara ini Kapolres, AKBP Leonardo David Simatupang beserta istri, para anggota DPRD, Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si beserta istri dan jajaran pimpinan OPD, perwakilan Forkopimda, Ketua TP PKK, Ny. Dra. Raudatus Shafa Asren Nasution, M.Psi, para Kepala Desa, para veteran dan undangan lainnya.

Sebelum upacara dilaksanakan dilakukan penjemputan bendera merah putih dari Bale Iandani (Rumah Dinas Bupati Pakpak Bharat) yang diserahkan oleh Ka. Satpol PP, Kastro Manik, S.Sos yang dibawa pasukan penjemput dengan pengawalan TNI dan Polri serta iring-iringan drumband. Bendera di terima oleh Sekda di Lapangan Napasengkut untuk selanjutnya dikibarkan pada tanggal 17 Agustus.

Aubade Penurunan Bendera

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat – Pada sore harinya dilakukan Upacara Penurunan Bendera dengan peserta upacara yang sama yaitu ASN, TNI, Polri dan para pelajar serta penurunan bendera dilakukan kembali oleh Paskibra di Lapangan Napasengkut, Salak. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Dandim 0206/Dairi, Letkol (Arh) Hadi Purwanto, SH, dan komandan upacara adalah Danramil 06/Kerajaan, Kapten (C.Zi) M. Tambunan.

Setelah pelaksanaan upacara, bendera selanjutnya dikembalikan secara resmi oleh pasukan ke Bale Iandani dan diterima oleh Ka. Satpol PP untuk disimpan dengan baik. Direncanakan pada malam hari akan dilaksanakan Resepsi Kenegaraan memperingati HUT RI di Balai Diklat, Cikaok.

 

 

Sumber   : Humas
Reporter : Lamhot P Malau

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *