Sinergi atasi Karhutla dan Kondusifitas Kamtibmas, Sat Binmas Polres Melawi gelar tapka

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kalbar – Dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Wilayah Hukum Polres Melawi dan bersenergi dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Melawi. Sat Binmas Polres Melawi gelar Tatap Muka (Tapka) dengan unsur Forkopincam Belimbing Hulu dan Masyarakat, bertempat diruang Aula Desa Tiong Keranjik Kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi, Kamis (29/8/2019) pagi.

Kegiatan Tatap Muka dengan unsur Forkopincam Belimbing Hulu, Dipimpin langsung oleh Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun beserta Anggotanya Brigadir Ngadino dan Brigadir Juliansyah.

Dalam kegiatan ini dihadiri juga oleh Camat Belimbing Hulu Bapak Agus Badrun, Kasubsektor Belimbing Hulu Ipda Sutadi, Anggota Koramil Belimbing, Para Kades, Kadus, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Masyarakat Kecamatan Belimbing Hulu dengan jumlah peserta kegiatan 84 Orang.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.IK.,M.Si, melalui Kasat Binmas AKP TP. Marbun menyampaikan pesan kamtibmas dan meghimbau masyarakat agar bersama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Belimbing Hulu.

“Marilah kita jaga terus situasi yang sudah aman saat ini, jangan mau diprovokasi oleh pihak tertentu untuk menciptakan situasi yang tidak aman. Jaga terus kerukunan antar umat beragama, hargai dan hormati setiap perbedaan yang ada dan terus pupuk jiwa gotong royong dilingkungan masyarakat,” pesannya.

“Masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Barat saat ini, memang sudah sangat memprihatinkan, selain jarak pandang yang terganggu, masalah kesehatan pun sudah menghampiri masyarakat. Baik itu inpeksi saluran pernapasan dan lain sebagainya, Kesadaran untuk tidak membuka lahan dengan cara membakaran di musim kemarau ini, harus betul-betul di indahkan oleh masyarakat semua larangan dan himbauan yang disampaikan oleh semua pihak. Karena kerugian dari Karhutla ini mencangkup banyak faktor, sampai anak baru lahirpun ikut terkena penyakit karena menghirup asap dari kebakaran saat ini. Kesadaran dan kepedulian harus mulai dari sekarang, jangan sampai ekosistem sudah benar-benar rusak baru kita menyadarinya, berhentilah melakukan pembakaran hutan dan lahan saat musim kemarau seperti saat ini untuk kebaikan kita bersama,” ajaknya.

Sementara itu, Camat Belimbing Hulu Agus Badrun menghimbau kepada Para Kepala Desa dan masyarakat untuk dapat memahami serta mengerti akan dampak negatif dari kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat dimintanya berladang atau bercocok tanam tanpa membakar disaat musim kemarau.

Melalui kegiatan tatap muka ini, merupakan wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan memupuk rasa persaudaraan. Dengan terjalinnya sinergitas ini, diharapkan dukung penuh dari masyarakat untuk Polres Melawi dalam menjaga kondusifitas kamtibmas khususnya di Wilayah Kabupaten Melawi.

Diakhir kegiatan Tatap Muka, diserahkan langsung oleh Kasat Binmas AKP Marbun baner himbauan Karhutla kepada para Kepala Desa dan Masyarakat di Desa Tiong Keranjik Kecamatan Belimbing Hulu.

 

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *