Bupati Nias Barat dampingi Menkumham HAM dan Mendes tinjau persiapan akhir Sail Nias 2019

by -103 views

MITRAPOL.com, Nias Selatan – Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd mendampingi Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H Laoly yang juga sebagai Ketua Panitia Nasional Pelaksanaan Sail Nias 2019 beserta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo, dalam rangka peninjauan persiapan akhir Sail Nias 2019, dibeberapa lokasi pusat kegiatan Sail Nias 2019 dikabupaten Nias Selatan, Rabu, (04/9).

Pelabuhan Telukdalam menjadi salah satu lokasi kegiatan puncak Sail Nias 2019 ditinjau langsung oleh pihak kementerian. Wagubsu Musa Rajekshah, Danrem 023/Kawal Samudera Sibolga Kolonel Inf. Tri Saktiono, Karo Ops. Poldasu Kombes Pol Makmur Ginting, Dir. Pam.Obvit Poldasu Kombes Pol Hery S dan sejumlah rombongan lainnya turut bersama rombongan pihak kementerian. Rombongan juga didampingi oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH, Danalanal Nias Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, Kapolres Nias Selatan, AKBP I Gede Nakti Widhiarta, Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, Dandim 0213/ Nias, Letkol Inf. TP. Lobuan Simbolon, Wabup Nias Selatan, Sozanolo Ndruru.

Kepada Mitrapol, Faduhusi Daely menyebutkan bahwa Sail Nias 2019 ini merupakan kebanggaan masyarakat Nias pada umumnya sebagai promosi budaya Nias dimata dunia dan sebagai langkah percepatan pembangunan pulau Nias. “Sail Nias 2019 adalah kebanggaan kita masyarakat Nias pada umumnya juga sebagai promosi budaya Nias dimata dunia dan merupakan langkah percepatan pembangunan pulau Nias,” ungkapnya.

Untuk itu tokoh fenomenal di Pulau Nias ini mengharapkan dukungan masyarakat Nias agar dapat memanfaatkan moment ini menunjukkan sikap yang mau terbuka dan menunjukkan keramahan terhadap setiap pengunjung baik terhadap wisatawan domestik maupun mancanegara. ” Saya berharap adanya dukungan masyarakat Nias untuk dapat memanfaatkan moment ini menunjukkan sikap yang mau terbuka dan menunjukkan keramahan terhadap setiap pengunjung baik terhadap wisatawan domestik maupun mancanegara,” harap Faduhusi.

Selanjutnya Menkumham dan rombongan menuju Pendopo Bupati Nias Selatan menggelar rapat untuk mematangkan persiapan Sail Nias 2019.

Dalam rapat tersebut Eko Putro Sandjojo menyebutkan kegiatan Sail Nias akan membawa nama baik Kepulauan Nias serta guna mengejar ketertinggalan.

“Kita diliput oleh media nasional dan media asing supaya kegiatan ini terekspos untuk mempromosikan Kepulauan Nias Menjadi lebih dikenal dan lebih maju,” ungkap Eko.

Yasonna Laoly menandaskan apapun persoalan terkait infrastruktur dalam pelaksanaan Sail Nias 2019 agar langsung dikoordinasikan kepada unsur Forkopimda demi mempercepat penyelesaian pekerjaan. “Persiapan kita supaya dievaluasi lagi. Lebih cepat dilakukan dari pada menunggu-nunggu dan saya percaya kita semua bisa melakukan hal itu,” tandasnya.

Wagubsu Musa Rajekshah menjelaskan pihaknya telah mengirimkan tim kesehatan ke Nias dan termasuk sejumlah dinas-dinas lain untuk menyukseskan Sail Nias 2019.

 

 

Reporter: Emanuel B.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *