Gubernur Papua resmi lantik Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob

by -58 views

MITRAPOL.com, Timika – Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP.,MM, secara resmi melantik Eltinus Omaleng, S.Sos.,MM, sebagai Bupati dan Johannes Rettob, SE.,MH, sebagai wakil Bupati Mimika, Periode 2019-2024 bertempat di Lapangan Mile 23, Jalan Agimuga, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika. Jumat (6/9).

Pelantikan yang disaksikan langsung oleh ribuan warga Kabupaten Mimika ini ditandai dengan penandatangan pakta integritas berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor : 131.91-3769 Tahun 2019 didukung SK Mendagri Nomor 131.91-3770,

Usai melantik, Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutanya menyatakan, pelantikan Bupati dan wakil Bupati yang dihadiri langsung oleh ribuan orang di lapangan terbuka semacam di Mimika saat ini, pelaksanaanya baru pertama kali di wilayah Papua.

“Pelantikan (Bupati-Wabup) terbuka dilapangan seperti (Mimika) Ini, baru pertama kali dilakukan di tanah Papua,” Kata Enembe.

“Kita (warga) semua adalah merupakan kelompok Nusantara, Bhinneka Tunggal Ika, kita bersatu disini sebagai saudara,” kata Gubernur Papua.

Dirinya juga meminta kepada Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob yang baru dilantik sebagai Bupati dan Wabup Mimika, agar tetap menjaga toleransi dan kedamaian di Kabupaten Mimika.

“Mari kita (pemangku jabatan) menjaga ketertiban dan kedamaian masyarakat, Jangan korbankan rakyat,” pinta Gubernur.

Setelah pelantikan Bupati dan wakil Bupati Mimika, acara dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus PKK Kabupaten Mimika dan pelantikan Pengurus KONI Kabupaten Mimika.

Pantauan Mitrapol, ribuan warga Mimika turut merayakan pelantikan Bupati dan wakil Bupati melalui berbagai acara yang digelar dalam pesta rakyat diantaranya,

Acara bakar batu, penampilan ribuan penari seka massal yang memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri), penampilan hiburan dari artis ibu kota dan artis daerah.

Pelantikan berjalan aman dan lancar dikawal ratusan TNI/Polri dibantu berbagai elemen terkait.

 

 

Reporter : AQM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *