Agar siswa berahlak mulia dan bermoral, SMAN 3 Metro Lampung dukung program Gubernur

by -53 views

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Pemerintah provinsi Lampung meluncurkan program “Gerakan Lampung Mengaji ” yang akan diterapkan di sekolah dari jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK. Program ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023 dan juga misi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung 2019-2024.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menuturkan melalui program mengaji ini dapat memperbaiki ahlak dan moral manusia mulai sejak dini.

“Saya ingin membangkitkan ekonomi kerakyatan Lampung, namun, apa artinya jika ekonomi bagus, manusianya sejahtera, tapi rendah moralnya, program Lampung mengaji ini nantinya akan membentuk manusia terutama generasi muda yang bernilai agamis. Untuk itu, saya bersama Wakil Gubernur menjadikan program Lampung Mengaji sebagai program unggulan,” ungkapnya kepada awak media , Selasa (27/08/2019).

Senada hal tersebut Sulpakar Kepala Disdikbud Provinsi Lampung mengatakan bahwa pencanangan program Lampung Mengaji menambah pemahaman terhadap agama bagi siswa.

“Adapun, tujuan dan sasaran Program Lampung Mengaji yakni untuk mengembalikan budaya masyarakat Lampung gemar mengaji, melalui kegiatan pembelajaran di sekolah, di rumah, dan di masyarakat, sesuai dengan tri pusat pendidikan. Program tersebut juga dapat membebaskan masyarakat Lampung dari buta aksara Alquran. Membimbing peserta didik agar mampu mengaji Alquran dengan lancar sesuai makhroj dan tajwidnya,” ungkap Sulpakar.

Kepala SMAN 3 Metro Lampung Ibnu Budi Cahyana menjelaskan program Lampung Mengaji dari Bapak Gubernur ini dapat memberikan tambahan ilmu,membersih hati bagi siswa.

“Kami atas nama Kepala SMAN 3 Metro sangat mendukung penuh program Gerakan Lampung Mengaji yang digagas Pak Gubernur Arinal Junaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, ujar ibnu.
Program Lampung Mengaji ini berdampak positif sekali bagi siswa. Sebelum proses belajar dimulai, mereka melaksanakan berdoa menurut agama masing-masing, tadarus 10 menit dan mengaji setiap pelajaran agama Islam.

Sebetulnya budaya ini telah kami terapkan sejak tahun 2002, apalagi saat ini wajib dilaksanakan sesuai instruksi bapak Gubernur, tentu harapan kami kedepan khususnya bagi siswa SMAN 3 Metro dapat bertambah ilmu dalam mengaji, semakin bermoral, dan berahklak mulia,” pungkas Ibnu.

 

 

Reporter : Muktaridi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *