Dukung Program Bupati Tubaba, ASN citpakan program E-mantra bagi masyarakat

by -46 views
M.Cheri Sopian SH.,MH, Kabid Sosbud Bappeda Kabupaten Tulang Bawang Barat

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Pernah mendengar kalimat “Jangan tanyakan apa yang sudah negara berikan untuk kita, tapi tanyakan apa yang sudah kita berikan untuk negara” ? di era milenial, kalimat tersebut sangat cocok untuk menggambarkan bagaimana kaum milenial dari berbagai kalangan memiliki kesempatan besar dalam memberikan kontribusi nyata pada negara.Selain itu saat ini berbagai teknologi modern sehingga memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin terlibat aktif dan positif dalam memajukan negara dan mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Tak terkecuali dengan para abdi negara yang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN). ASN milenial dituntut harus memiliki kemampuan dan kecakapan dalam memanfaatkan teknologi modern digital untuk pencapaian target kinerja yang lebih baik.

Salah satunya M. Cheri Sopian, SH,. MH,yang saat ini menjabat Kabid Sosbud Bappeda, ASN asal Kab.Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung ini mengatakan bahwa, Dalam mendukung program unggulan bupati Tubaba, kami menciptakan gagasan program aplikasi E- Mantra bagi masyarakat.

Aplikasi ini berguna bagi masyarakat yang bertujuan sebagai akses control dan evaluasi usulan perencanaan lintas sektor lintas program bidang sosial budaya bappeda.

Selain itu juga pengintegrasian perencanaan program agar selaras dengan RPJMD dan terjabarkan dalam indikator kinerja kunci. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan menekan usulan perencanaan program berbasis belanja (shoping list) menjadi berbasis kebutuhan/tepat penggunaan, ujar Cheri kepada Mitrapol, Rabu (11/09/19).

Ditambahkan Cheri, banyak sekali manfaat dari program tersebut untuk masyarakat Kab.Tubaba, manfaat bagi masyarakat, program ini dapat menekan angka kemiskinan, meningkatkan keberfungsian sosial, meningkatkan daya tahan PMKS, psikososial dan psiko ekonomi.

Dalam OPD sendiri dapat mengefektifkan program Mantra Tubaba yang merupakan program unggulan Bupati Tubaba adalah skenario program bantuan jaminan sosial dalam rangka peningkatan kesejahteraan.

Saat ini kami sedang menyusun modul konten aplikasi E-mantra, mendesain matrix persandingan yang nantinya akan menjadi indikator kinerja kunci proses usulan perencanaan OPD terkait, melakukan pelatihan operator dengan memanfaatkan SDM staf yang nantinya akan menginput,verifikasi dan evaluasi data serta akan di ujicobakan layanan jika konten aplikasi telah terbentuk, pungkas Cheri.

Dasar hukum yang melatar belakangi timbulnya inovasi E – mantra adalah sesuai Permendagri No 86 tahun 2017 dan UU No 9 tahun 2011.

 

 

 

Reporter : Muktaridi /Dani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *