Polres Nunukan gagalkan penyeludupan 20 kilo narkotika jenis sabu

by -72 views

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, S.IK.,MH, di dampingi Kasat Reskoba AKP Ibrahim Eka Berlin menggelar konferensi pers pengungkapan kasus penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 20 Kilo. Rabu (11/09/2019). Di Ruangan Rapat Polres Nunukan Kaltara.

Kasus penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 20 kilo ini dengan tersangka pelakunya seorang gadis berinisial ES yang rencananya narkotika tersebut akan dibawa ke Sulawesi Selatan untuk dipasarkan.

Kapolres Nunukan menjelaskan kronologis penyelundupan tersebut, pada hari Kamis 11 Juli 2019 pada pukul 22.30 Satreskoba Polres Nunukan mendapat informasi dari warga adanya penumpang dari Malaysia yang tinggal di Jalan Birneo III Nunukan Timur diduga membawa barang haram narkoba jenis sabu, berdasarkan informasi tersebut, jajaran Reskoba mendatangi lookasi rumah seorang pengurus penumpang bernama Yusal.

Di dalam rumah Yusal, dua orang penumpang diamankan oleh Jajaran Resnarkoba Polres Nunukan yakni Emi Sulastriani dan Yuni, keduanya digeledah dan didalam barang bawaanya ditemukan 20 bungkus benda bentuk kristal bening putih tranparan disimpan dalam dua kardus dibungkus dengan karung Plastik.

Dari hasil Interogasi didapat keterangan dari saudar Emi Sulastriani bahwa sabu tersebut rencana akan dibawah ke kota Pare-pare Sulawesi Selatan dan tersangka belum tau siapa yang akan menjemput barang haram tersebut di Pare-pare.

Diketahui juga tersangka Asri (DPO) tinggal di Tawau Sabah Malaysia sebagai pengendali yang menyuruh dan menjanjikan uang sebanyak Rp 90 juta, saat Em Sulastriani diinterogasi dia mengakui sudah ke 4 Kali melakukannya.

“Pertama saya bawa seberat 500 gram, saat itu saya dapar upah sebanyak Rp 15 Juta, kedua kalinya yata membawa 1 kilo, saya dapat upah sebanyak Rp 25 Juta dan ketiga kalinya saya membawa sabu seberat 1 Kilo dapat upa sebesar Rp.20 juta, ujar Em Sulastriani.

Selanjutnya tersangka akan dituntut dengan pasal 114 Ayat (2) subsidair pasal 122 Ayat (2) UU No: 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana seumur hidup paling singkat 6 tahun paling lama 20 Tahun.

 

 

Reporter : Yusuf. P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *