Sosialisasi Germas dan Worshop faktor resiko penyakit tidak menular

by -19 views

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Workshop penyakit tidak menular pada usia produktif. Rabu (11/9/2019). Di Hotel Fortun, Nunukan.

Hj. Ramsidah Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan menjelaskan bahwa tujuan dari sosialisasi ini yaitu mengajak kepada seluruh pemandu kepentingan baik Camat, Lurah, PKK beserta OPD yang terkait untuk bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan memberikan penjelasan serta pemahaman terkait dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gernas).

Gernas sangat penting karena ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan didalam gerakan masyarakat hidup sehat ini, yang pertama aktifitas fisik rutin harus dilakukan masyarakat baik di rumah, di kantor dan di mana pun berada.

Aktifitas fisik ini bukan hanya olahraga, karena tidak semua olahraga itu termasuk aktifitas fisik tapi untuk malaksanakan ini khusus yang di kantor, aktifitas fisik itu minimal 2 jam setelah duduk dia wajib untuk berdiri untuk melakukan senam peregangan minimal 30 menit.

Hj. Ramsidah Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan

Kedua yaitu bagaimana masyarakat bisa mengkonsumsi buah dan sayur karena selama ini yang terjadi khususnya di Kabupaten Nunukan, masih banyak masyarakat yang tidak mengkonsumsi buah dan sayur, padahal disinikan banyak buah lokal seperti Melon, Semangka dan buah lainya.

Berdasarkan hasil analisa yang kami lakukan, di Nunukan ada anak 9 tahun yang sudah terkena Hipertensi karena banyak menkonsumsi mie instan.

Dalam melaksanakan hidup sehat, kita melaksanakan pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah untuk memberikan asupan gizi pada anak khususnya di pagi hari, jelasnya.

Sementara ditempat yang sama, dr.Rahmawatu Rauf Kepala Puskesmas Sedadap Nunukan Selatan mengatakan bahwa penyakit seperti Diabetes, Jantung, Rematik, Asam Urat dan penyakit lainya itu muncul disebakan karena kita tidak menjaga pola makan yang sehat, kurang olahraga, kurang gerak dan tidak menjaga pola istrahat, sehingga lama-kelamaan menimbulkan tekanan darah tinggi sehingga muncul lah penyakit komplikasi.

Oleh karena kita harus antisipasi, kita harus mendeteksi sedini mungkin segala jenis penyakit, kita harus cek kondisi kesehatan kita, bisa di Puskesmas atau di Rumah Sakit, pungkas dr. Rahmawatu Rauf.

 

 

Reporter : Yusuf. P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *