Temu lapangan petani kedelai Gantar

by -25 views

MITRAPOL.com, Indramayu-Bertempat di Lokasi lahan Tanaman Kedelai blok Gobangan Desa. Sanca Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu dilaksanakan kegiatan temu lapang kelompok tani yang tergabung dalam KTNA Sanca dengan Dinas Pertanian Indramayu dalam rangka “Peran Benih Kedelai Dalam Upaya Peningkatan Produkvitas Melalui Kemandirian Benih Berbasis Kelompok,” Kamis (12/9).

Kegiatan dihadiri, Badan Pengkajian dan Pengembangan Pertanian (BPTP) Bandung diwakili Didit Rahadian, Dinas Pertanian Indramayu diwakili oleh Kabid Palawija, A.Yani,Sekmat camat Gantar, Bapak Wahyono,Danramil 1615/Hgls, Kapten Inf. Nakromin,Kapolsek Gantar diwakili oleh Brigadir Saeful,Kepala UPTD Pertanian Kecamatan.Gantar, Hadi Joko pramono.S, SE,Ketua KTNA Kec. Gantar, Casma,Para Kelompok tani Wilayah Kecamatan Gantar yang berjumlah. 60 orang.

Camat Gantar Asep Mahmud Melalui Edy Wahyono,Mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Dinas Pertanian Indramayu, BPTP Bandung dan Kelompok tani Ani Kecamatan.Gantar yang telah hadir dalam kegiatan temu lapang untuk memberikan pengarahan serta penjelasan kepada petani tentang peran pembenihan kedelai.

“Pertemuan ini semata-mata untuk peningkatan tanaman benih kedelai di wilayah Kecamatan Gantar yang saat ini sudah mulai berkurang,” maka, perlunya penjelasan kepada kelompok tani untuk kembali membudidayakan benih kedelai dengan baik agar kita tidak kekurangan benih kedelai, kata Edy.

Ka.BPP kecamatan Gantar Hadi Joko Pramono.S.SE mengatakan, temu lapang ini bertujuan untuk memberikan ilmu tentang penanaman benih kedelai dengan baik.

Kami Mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Perwakilan BPTP Bandung, Muspika Kecamatan Gantar serta kelompok tani yang hadir dalam kegiatan temu lapang pertanian pembenihan bibit kedelai di Kecamatan Gantar, ungkap Joko kepada mitrapol.com.

Menurutnya, dalam kegiatan temu lapang dalam rangka Peran Benih Kedelai Dalam Upaya Peningkatan Produkvitas Melalui Kemandirian Benih Berbasis Kelompok yang berbasis untuk peningkatan bibit Kedelai karena kita rasakan saat ini sudah berkurang hasil panen Kedelai di wilayah Indramayu.

“Untuk musim kering ini kita manfaatkan lahan untuk tanaman kedelai yang penting sebelum bulan sepuluh/Oktober kita sudah panen karena pada saat bulan Oktober biasanya hama hewan tikus akan mencari makan dan pastinya tanaman kita akan di serang oleh hama hewan tikus,” kata Joko.

Lanjut joko, kami akan usahakan untuk tahun 2020 mengusulkan program tanaman Kedelai sesuai usulan dari kelompok tani dan kami sampaikan kepada kelompok tani untuk menggunakan program tanaman kedelai agar digunakan bibit kedelai dengan baik jangan sampai disalahgunakan karena untuk pertanggung jawaban kepada pemerintah, ungkapnya.

“Kami juga minta penelitian untuk pengembangan dalam pemilihan bibit yang sesuai kultur tanah, Iklim dan suhu alam. Tanaman yang saat ini di tanam terdapat bibit benih kedelai jenis Legowo, Dega – 1dan Anjasmoro. Benih yang saat ini ditanam tersebut seluas lk. 19 Ha oleh kelompok tani yang ada desa Sanca,” tambahnya.

 

 

Reporter : Nanang

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *