2 Anggota Polres Halteng dipecat dengan tidak hormat

by -227 views

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Karena sering mangkir dalam bertugas, dua anggota Polres Halmahera Tengah, Maluku Utara akhirnya dipecat dengan tidak hormat (PTDH) di halaman Mapolres setempat, Selasa (17/9/2019) pukul. 09.30 wit.

Upacara PTDH dipimpin langsung Kapolres Halteng, AKBP Andri Haryanto SIK, didampingi Wakapolres, Kompol Jasim Hoda SH bersama beberapa Kabag, Kasat, Perwira dan Brigadir Polres setempat.

Adalah Brig Pol Rasyid Hito, jabatan Ba Sie Umum di Polres Halteng. Surat keputusan Kepala Kepolisan Daerah Maluku Utara nomor : Kep/311/IX/2019 tentang Pemberhentian Tidak Dengan Hormat dari Dinas Polisi terhitung tanggal 04 September 2019.

Bersama Bripda Muhammad Rizal. Jabatan mereka sebagai Ba Sie Umum di Polres Halteng. Surat keputusan Kepala Kepolisan Daerah Maluku Utara nomor : Kep/314/IX/2019 tentang Pemberhentian Tidak Dengan Hormat dari Dinas Polisi terhitung tanggal 04 September 2019.

Kapolres mengungkapkan, pemecatan Rasyid dan Rizal dari anggota kepolisian sebagai bentuk tindakan tegas terhadap polisi yang menyimpang dan nakal. Dengan harapan polisi lainnya tidak melakukan hal yang sama.

“Pemecatan ini menjadi pembelajaran bagi anggota polisi lainnya bahwa setiap perbuatan dan tingkah laku kita akan beresiko, satu diantaranya adalah dengan cara pemecatan seperti yang kita lakukan saat ini,” himbau Kapolres.

Kapolres Menegaskan, pemecatan ini juga sebagai pembelanjaran, bahwa polisi tidak kebal hukum. Diharapkan hal ini dapat diketahui oleh masyarakat bahwa melalui tindakan tegas tersebut polisi tidak akan segan-segan memberikan sanksi kepada anggotanya yang menyimpang atau melanggar aturan.

“Kita akui ini merupakan putusan berat. Tapi ini adalah prosedur yang harus diambil dan kita mengambil sikap tegas bila memang anggota kita tidak bisa dibina. Daripada nantinya malah mengerogoti kesatuan serta merusak nama baik Polri,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Kapolres juga berharap, kasus ini dapat menjadi pembelajaran bagi anggota polisi lainnya. Pembinaan kedalam terus dilakukan. Polisi juga mencatat dan mengabsen kehadiran anggota secara rutin. Bila ada pelanggaran langsung ditangani oleh Propam.

 

 

Reporter : Sahwan

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *