Dongkrak produksi padi, Petani Sidadadi tanam padi ketiga

by -58 views

MITRAPOL.com, Indramayu – Petani Desa Sidadadi Kecamatan Haurgeulis melalukan gerakan percepatan olah tanah dan tanam padi.

Hal itu sejalan dengan program nasional dalam mencukupi kebutuhan produksi padi.

Camat Haurgeulis, Rory Firmansyah menyampaikan, ketika daerah lain kesulitan mendapatkan air untuk mengaliri sawah, petani Sidadadi justru bisa tanam padi di musim kemarau ini.

“Ketika musim kemarau tapi masih bisa tanam padi suatu yang luar biasa. Setiap tahun Sidadadi selalu kesulitan mendapatkan air, tapi semenjak ada embung jadi bisa nanam padi hingga tiga kali,” tutur Rory, usai kegiatan GPOTT berasama Kementerian Pertanian.

Embung seluas 4 hektar ini sangat membantu, sehingga sawah seluas 800 ha sebagian besar bisa teraliri.

“Biasanya musim gadu petani tidak tanam. Tapi petani bisa menikmati hasil panen. Bahkan saat ini bisa percepatan tanam. Ditargetkan ada 1100 ha untuk percepatan tanam. Ada 500 ha yang sudah tanam yakni di Desa Wanakaya Tumaritus dan di Sidadadi,” imbuhnya.

Sumber air di Desa Wanakaya dan Tumaritis, lanjut Rory dari sungai Cipunagara.

“Untuk sumber air bagi embung dianggap masih ilegal. Kedepan diharapkan sumber air bisa diambil dari SS Kandanghaur,” paparnya.

Ditempat yang sama Kadistan, H Takmid mengapresiasi kelompok tani yang bersedia menanam padi untuk kali ketiga.

“Karena sumber airnya ada, maka kita dorong agar di Sidadadi bisa menanam lagi. Hal ini untuk menambah produksi padi,” paparnya.

Sementara itu, perwakilan Kementan, Budi mengungkapkan, hasil panen ketiga ini nanti sangat berpengaruh terhadap angka produksi padi nasional.

“Akhir tahun nanti kita akan mencatat produksi padi nasional. Jika hasilnya sesuai target maka kita tidak perlu impor lagi. Tapi kalau produksinya kurang, maka akan menjadi rekomendasi untuk impor. Karena kita harus memcukupi kebutuhan nasional,” jelasnya.

Untuk mencapai kebutuhan produksi, pihaknya terus mencari daerah yang berpotensi untuk dilakukan tanam ketiga.

“Di Indramayu ada sekitar 8 wilayah yang bisa tanam ketiga, sepeeti kecamatan Sukra dan Haurgeulis,” imbuhnya.

Sementara itu Kuwu Desa sidadadi H.Komarudin berharap kepada dinas pertanian kabupaten Indramyu dan kementrian pertanian agar merealisasikan permohonan bantuan alsintan guna mendongkrak program ketahanan pangan di wilayah indramayu khususnya Desa Sidadadi.Harapnya.

 

 

Reporter : Nanang

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *