Kebakaran besar landa Kota Agats, di Mimika berbagai elemen galang dana

by -81 views

MITRAPOL.com, Timika – Menyikapi kebakaran besar yang terjadi di Kota Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat, Papua,  berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Mimika, Papua, lakukan penggalangan dana.

Penggalangan dana dilakukan baik yang tergabung didalam Komunitas, Organisasi maupun Mahasiswa yang ada di Kampus-Kampus di Kabupaten Mimika bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika, Papua.

Mereka tergabung dalam relawan menggalang bantuan untuk korban kebakaran di Kota Agats Kabupaten Asmat, Papua.

Penggalangan berupa uang, pakaian layak pakai serta bantuan makanan maupun minuman dan bantuan lainya untuk korban kebakaran.

“Terkait bantuan kemanusiaan ke Asmat ini, kami lakukan penggalangan selama dua hari mulai hari ini, Rabu (18/10), dan rencananya hari Jum’at, (20/10), hasil penggalangan akan kami kirimkan ke Agats, Asmat,” kata Umar Habib,  Ketua Baznas Kabupaten Mimika di Timika, Rabu, (18/09).

Umar mengatakan, penggalangan bantuan untuk korban kebakaran ini boleh dalam bentuk apapun selagi warga Mimika ikhlas memberi.

“Kami menerima dalam bentuk apapun untuk dikirim ke Asmat,” kata Umar.

Ketua Baznas Mimika ini menuturkan, “Saat ini kami (panitia penggalangan bantuan) sedang kordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mimika dan Badan Sar Nasional (Basarnas) Kabupaten Mimika terkait pengiriman bantuan ke Asmat termasuk penggunaan kapal milik Basarnas nantinya.

Selain Dinas terkait, Umar Habib menambahkan, Baznas Mimika akan berkordinasi juga dengan Bupati Mimika, Papua, Eltinus Omaleng, terkait pengiriman bantuan musibah kebakaran ke Asmat nantinya.

Dirinya juga mengatakan, relawan yang tergabung didalam penggalangan bantuan musibah kebakaran Asmat ini bukan hanya dari komunitas maupun organisasi akan tetapi dari seluruh lapisan masyarakat yang peduli musibah kebakaran di Asmat.

Sebelumnya, kebakaran besar di Kota Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat, Papua, terjadi pada Selasa (17/9) pukul 02.30 WIT dini hari.

Tercatat sebanyak 110 bangunan rumah dan kios di Sepanjang Jalan Yos Sudarso, Pertigaan Jalan Dolog, Jalan Muyu, dan pertigaan Jalan Ayam Kecil, ludes terbakar.

Akibat musibah kebakaran ini sebanyak 897 jiwa dari 225 kepala keluarga (KK) mengungsi.

 

 

Reporter : AQM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *