Camat Gantar terima dan lepas rombongan Kirab Pusaka Indramayu

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Indramayu – Kirab pusaka peninggalan sejarah pendiri Kabupaten Indramayu, Raden Bagus Aria Wiralodra mampir ke Kecamatan Gantar, Kamis (3/10).

Ratusan aparatur pemerintahan dan warga antusias menyambut kedatangan rombongan kirab pusaka yang singgah dari kecamatan Bongas Tak hanya pemerintah kecamatan, pelajar dan masyarakat juga ikut menyambut untuk melihat dari dekat pusaka yang dibawa seperti Gagak Winangsih, Cakra Udak Sana Kiyai Tambu, Gagak Pernala, Gagak Handaka, Mimang Latamosandi dan Jubah Tambal Sewu.

Lokasi penyambutan yakni di halaman kantor kecamatan Gantar, kesempatan itu juga dimanfaatkan pamong Desa dan warga untuk memegang serta berfoto dengan benda-benda bersejarah tersebut.

Camat Gantar Drs. Asep Mahmud menuturkan, Alhamdulillah kehadiran benda pusaka yang pertama kali saya menjabat di kecamatan Gantar,yang paling berkesan, sejak lama masyarakat kami ingin sekali melihat langsung berbagai pusaka peninggalan sejarah pendiri Bumi Wiralodra. Sebab biasanya, kirab pusaka hanya mampir sekilas di kantor Kecamatan Gantar.

“Keinginan warga yang ingin lansung melihat pusaka sangat padat. Karena itu saya berusaha tahun ini agar kirab pusaka mampir Di Kecamatan Haurgeulis l3bih lama lagi. Alhamdulillah tercapai. Mudah-mudahan dengan singgahnya rombongan pusaka ini, masyarakat dapat lebih mengetahui sejarah Indramayu,” kata Asep Mahmud.

Menurut dia, ada kesan kuat kirab pusaka menjadi ajang bagi masyarakat untuk mengenal sejarah leluhurnya. Terlebih sebagian masyarakat percaya, momentum ini bisa membawa berkah bagi Kecamatan Gantar yang disinggahi kirab pusaka yang hanya dipertontonkan setahun sekali.

Damuri salah satu warga Desa Baleraja mengaku bangga bisa melihat dan memegang langsung pusaka yang menjadi kebanggan kabupaten indramayu itu. “Sejak lahir sampai usia ini, baru pertama kali bisa melihat dan memegang langsung benda pusaka sejarah Raden Wiralodra. Benar-benar pengalaman yang menakjubkan,” kata dia.

Hal ini tidak lepas dari peran Camat Asep yang merespon keinginan warganya. Dia dinilai sebagai pemimpin yang arif, bijaksana dan memiliki motivasi tinggi untuk selalu merealisasikan apa yang menjadi harapan masyarakat.

“Kami berterima kasih dan bangga mempunyai sosok pemimpin seperti Camat Asep. Kami juga berharap kepemimpinan serta kebijaksanaannya terus berlanjut agar Kecamatan Gantar lebih sejahtera dan maju,” harap Damuri.

 

 

Reporter : Nanang

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *