Hutan mangrove pelindung dari bahaya ombak dan abrasi.

by -31 views

MITRAPOL.com, Sebatik Nunukan Kaltara – Dansatgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang Letkol Inf Ronald Wahyudi SE,M.Tr (Han) menghadiri dan mengerakan pasukan khususnya yang bertugas di wilayah Sebatik untuk berpartisipasi dalam kegiatan Karya Bakti TNI AL penanaman mangrove. Senin (7/10/2019) di Pulau Sebatik.

Penanaman Mangrove ini adalah Program Mabes TNI yang pelaksanaanya dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia, di Kabupaten Nunukan dilaksanakan di Pulau Sebatik di Pesisir Pantai yang diakomodir oleh Lanal Nunukan sebagai Pelaksana.

Letkol Inf Ronald Wahyudi SE.M.Tr.Han mengatakan, penanaman bibit mangrove ini agar bisa mengungah kesadaran masyarakat betapa pentingnya penghijauan kembali wilayah pesisir Pantai Sebatik untuk menangkal ombak dan abrasi serta bahaya lainya.

Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang mendukung sepenuhnya pelaksanaan ini, makanya saya turunkan pasukan untuk bersama-sama elemen dan komponen Masyarakat melaksanakan kegiatan ini.

Panitia pelaksana Lanal Nunukan diperkuat oleh Satgas Pamtas maupun personil dari Mariner Personil Dari Koramil sebatik Personil dari Polsek Sebatik Timur personil dari Camat sebatik utara dan camat sebatik Timur dan sejumlah kepala Desa juga hadir beseta Toko masyarakat yakni H.Herman Baco SE.MM sekaligus Pengusaha selalu terlubat tiap ada kegiatan.madyarakat maupun.kegiatan TNI dan Polri beliau tidak saja Toko tetapi membantu kesusahan masyarakat penuh kepedulian yang tinggi.

Personil yang turun menanam bibit mangrove kurang lebih 150 orang, penanaman bibit mangrove ini akan terus dilanjutkan, olehnya itu sengaja kita libatkan Camat dan Kepala Desa agar bisa mensosialisasikan sekaligus memberikan penyuluhan kepada masyarakat betapa pentingnya hutan mangrove untuk kepentingan dan masa depan anak cucu kita.

Ir.H. Suhadi Kepala Dinas Perikanan saat membacakan sambutan dari Bupati Nunukan

 

Mayor ARM Moh Bakri Koramil Sebatik mengatakan bahwa penanaman bibit mangrove ini bertepatan dengan Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke -74.

TNI tidak saja bertugas sebagai pengamanan dan keamanan, tetapi peran serta TNI didalam Pembangunan mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah demi terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonedia (NKRI)

Penanaman bibit mangrove ini untuk menjaga ekosisten air, pada tahun 2018 pelaksana acara adalah mariner, tahun ini adalah jadwal Lanal, bersama Mariner dan dukungan semua elemen masyarakat baik TNI dan Polri serta pemerintah melalu pihak Kecamatan dan Desa serta keterlibatan masyarakar juga Pengusaha.

Lanjut Danramil Sebatik, agar penanaman ini tidak saja dilakukan penanaman namun ditindak lanjuti dengan pemiliharaan yang melibatkan Kepala Desa dan masyarakat setempat, Camat selalu memberikan penyuluhan agar bibit mangrove yang kita tanaman bisa menjadi pelindung dari segala bahaya termasuk bahaya ombak dan abrasi.

Kita berharap kepada Kepala Desa dan masyarakat setempat untuk mengontrol mana kala ada yang rusak bisa dilakukan penyulaman kembali, pungkas Danramil.

 

 

 

Repoter : Yusuf P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *