Karya Bakti TNI – AL penanaman bibit mangrove di Pulau Sebatik

by -54 views

MITRAPOL.com, Sebatik Nunukan Kaltara – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo S.E M. Tr. Hanla memimpin kegiatan Karya Bhakti penanaman bibit mangrove, yang difokuskan di Pulau Sebatik, Nunukan. Senin (7/10/2019).

Letkol Laut (P) Anton Pratomo S.E M. Tr. Hanla mengatakan, sekitar 5 ribu batang pohon mangrove telah disiapkan untuk ditanam di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Sebatik Timur.

“Kegiatan ini serentak dilakukan se-Indonesia sebagai bagian dari rangkaian HUT TNI ke 74 kemarin,” terangnya.

Menurut Letkol Laut (P) Anton Pratomo, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 95.181 km dan memiliki kawasan hutan mangrove seluas kurang lebih 130.000.000 hektar.

Kawasan hutan tersebut sebagai penyanggah kehidupan yang mampu menyediakan kebutuhan akan kayu, pangan, dan nilai benih.

Lanjut Danlanal Nunukan, kita harus menjaga dan meningkatkan kemampuan hutan manggrove dengan cara melestarikan dan melalui menanaman manggrove ini.

Hutan Manggrove memiliki keistimewaan dalam berbagai hal baik dari aspek fisik ekologi dan ekonomi, dari segi fisik manggrove berakar banyak dan batangnya kosong mampu mencegah bahaya tsunami serta mengurangi abrasi.

Dari segi ekologi manggrove mampu berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur ataupun limbah dan menyerap poluton atau asap dari udara.
Manggrove sebagai habitat dan tempat hidup berkembangnya berbagai jenis ikan dan biota laut lain.

Dari segi ekonomi manggrove menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan kebutuhan lainya .

Dalam kesempatan ini Danlanal Nunukan berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Pulau Sebatik dan kabupaten Nunukan umumnya.

Ucapkan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh pendukung yang sudah mendukung pelaksanaan penanaman manggrove pada pagi hari ini semoga apa yang kita laksanakan akan bermanfaat bagi semua meskipun ditengah terik matahari ini.

Semoga sinar matahari ini memberikan suatu tambahan kesehatan bagi kita semua, mari kita selamatkan bumi untuk anak cucu kita, mari kita tanam manggrove pagi ini dengan senang hati dan ikhlas demi merah putih, pungkas Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo S.E M. Tr. Hanla

Kegiatan ini selain dihadiri Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P)Anton PratomoSE.M.Tr.Hanla, hadir juga Komandan Satgas Pantas yonif 600 Madong Letkol Ronal, Mayor SRM, Danramil Sebatik Moh Bakri dan Danki Mariner Kapten Rolen serta Kapolsek Sebatik Timur AKP Aditya, Camat Sebatik Timur, Camat Sebatik Utara dan Kepala Desa Tanjung Harapan Sebatik Timur juga sejumlah Kepala Desa lainnya.

 

 

Reporter : Yusuf Mitrapol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *