PON XX Papua, 2.163 Atlit dan Official akan bertamu dan bertanding di Mimika

by -64 views

MITRAPOL.com, Timika – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020 semakin dekat pelaksanaanya, berbagai kesiapan sedang digenjot dalam menyambut ajang olahraga akbar se-nusantara ini.

PON XX, 2020 Papua ini digelar di tiga klaster yaitu Klaster Kabupaten/Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, serta satu kabupaten penyangga yaitu Kabupaten Merauke.

Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga (PO), Suwito didampingi Analis Keolahragaan, Ahmad Hidayat telah meninjau langsung kesiapan akomodasi dan pengerjaan Venue PON XX Papua tahun 2020 klaster Mimika di Timika selama dua hari yakni pada Kamis (10/10) sampai dengan Jumat (11/10).

“Berdasarkan data yang masuk di kemenpora, ada sebanyak 1.442 Atlet dan 721 Official yang akan datang di mimika sehingga total keseluruhan yang kami butuhkan (tempat tidur) sebanyak 2.163 untuk para atlet dan official,” kata Suwito saat jumpa pers di Kantor KONI Mimika, Jumat, (11/10).

Dari hasil peninjauan, terkait akomodasi Suwito menyebut Klaster Mimika telah siap sebanyak 1.571 kamar hotel layak huni, dan apabila setiap kamar terdapat 2 tempat tidur, maka hitunganya bisa mencapai 3.000 an tempat tidur.

Dari 1.571 kamar hotel yang ada, terdiri dari 3 hotel bintang empat dengan total 323 kamar, 2 hotel bintang tiga sebanyak 181 kamar, dan 2 hotel bintang dua sebanyak 174 kamar.

Suwito menambahkan, sebanyak 16 hotel yang ada di Kota Timika telah terdata dan dapat digunakan, namun masih perlu dilakukan perbaikan sejumlah kamar dan selanjutnya di-upgrade lagi.

“Secara umum untuk Klaster Kabupaten Mimika telah siap dari segi akomodasi dalam persiapan penyelenggaraan PON XX tahun 2020 Papua,” ujar Suwito.

Kabupaten Mimika dipercaya menyelenggarakan 9 cabang olahraga dan 12 disiplin olahraga.

Sembilan cabang olahraga diantaranya, Aerosport, Atletik, Bola Basket, Biliar, Panjat Tebing, Futsal, Bola Tangan, Judo, dan Tarung Derajat.

“Kami sementara mengejar kebutuhan atlet dan official untuk 9 cabor yang ada, lebih baik kita hitung (akomodasi) lebih, dari pada kurang nantinya,” kata Frans Rudolf. M. mewakili Bidang Akomodasi PB PON Papua Sub Mimika.

Selain peninjauan akomodasi juga dilakukan peninjauan berbagai pembangunan Venue PON XX tahun 2020 Papua klaster Mimika.

 

 

Reporter: AQM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *