Nora tak dapat perlihatkan bukti kwitansi pembelian kapal

by -23 views

MITRAPOL.com, Medan – Nora Butarbutar (49), terdakwa perkara korupsi proyek pengadaan kapal wisata Pemkab Dairi, Sumatera Utara, tidak dapat memperlihatkan bukti kwitansi pembelian kapal, bahkan jaksa pun tidak memiliki bukti kwitansi itu. Akibatnya, hakim marah dan buru- buru menutup persidangan.

Semestinya sidang di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (10/10/2019) beragendakan memperlihat bukti-bukti, termasuk penyerahan bukti kwitansi pembelian kapal dan menjelaskan keberadaan kapal.

Persidangan Kamis pekan lalu, terdakwa mengatakan, kapal pariwisata dimaksud ada di Galangan Ajibata dan terdakwa mengaku masih menyimpan kwitansi pembeliannya.

Hakim Ferry Sormin pun memerintahkan JPU Akbar Pramadhana Harahap untuk meminta kwitansi tersebut, sekaligus melacak keberadaan kapal.

Mimik hakim ketua tampak berubah setelah mendengarkan penjelasan jaksa belum bisa melacak keberadaan kapal karena terdakwa belum menyerahkan kwitansi pembayaran.

“Kau bilang ada kwitansinya. Ternyata tidak ada. Bagaimana mau dicari kapal itu. Ya sudah, minggu depan tuntutan,” ucapnya dengan nada tinggi. Ferry Sormin akhirnya memberikan kesempatan sepekan kepada jaksa untuk menyampaikan nota tuntutan.

Usai persidangan, JPU Akbar Pramadhana Harahap mengatakan, pihaknya kesulitan mencari keberadaan kapal, tanpa adanya kwitansi pembelian sebagaimana disebutkan Nora.

Sesuai dakwaan, Nora Butarbutar, Wakil Direktur CV Kaila Prima Nusa, yang sebelumnya buron selama 10 tahun didakwa dugaan korupsi pekaksanaan proyek pengadaan kapal wisata bantuan Pemkab Dairi TA 2008.

Proyek Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dairi ini dikerjakan oleh CV Kaila Prima Nusa. Ternyata, kapal yang bernilai Rp 395 juta itu, tak sesuai dengan kontrak. Ukuran, warna dan kapasitasnya berbeda jauh dengan yang disebutkan dalam kontrak.

Terdakwa diancam dengan pasal 2 dan 3 UU No 31 tahun 1999 dan perubahannya UU No 20 tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

 

 

Reporter : Zul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *