Pencurian ikan oleh 6 anak diselesaikan melalui rembuk pekon

by -38 views

MITRAPOL.com, Pringsewu – Perkara pencurian ikan di kolam di Areal Persawahan Pekon Bulu Karto Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu selesai melalui rembuk pekon.

Hal itu dikatakan Armianto (52) selaku korban pencurian yang juga beralamat di Pekon Bulokarto. Bahkan ia meminta masyarakat untuk tidak mendramatisir peristiwa tersebut, pasalnya para pelaku merupakan anak-anak yang memiliki masa depan.

Menurutnya, walaupun ia mengalami kerugian ia juga tidak meminta pergantian kepada orang tua pelaku, hanya ia berharap kepada mereka agar tidak melakukan kejahatan kembali sesuai surat pernyataan yang telah dibuat.

“Benar mas, permasalah pencurian ikan di kolam saya telah selesai melalui rembuk pekon, saya dan keluarga telah memaafkan mereka,” kata Armianto melalui sambungan telfon.

 

Sementara itu menurut Kanit Binmas Polsek Gading Rejo Polres Tanggamus Ipda Riyadi bahwa pihaknya telah memfasilitasi rembuk pekon yang dilaksanakan kemarin Kamis (10/10/19).

“Terkait pencurian ikan di kolam ikan milik bapak Armianto telah selesai melalui rembuk pekon di Mapolsek Gading Rejo,” ungkap Ipda Riyadi.

Lanjutnya, hal itu seiring dengan musyawarah antara seluruh keluarga pelaku, Pj. kepala pekon Yogyakarta dan korban.

“kedua belah pihak bersepakat bahwa permasalahan pencurian ikan yang dilakukan oleh para pelaku tersebut sepakat di selesaikan secara kekeluargaan dan tidak akan saling menuntut,” ujarnya.

 

Kemudian korban, membuat surat pernyataan dan kedua belah pihak membuat surat perjanjian yang di tandangani dan mengetahui Pj. kepala pekon Yogyakarta dan para saksi.

“Mudah-mudahan dengan hal itu masyarakat kembali guyub dan mereka para pelaku tidak lagi melakukan kejahatan,” tandasnya.

Untuk diketaui, sebelumnya para pelaku berinisial MH (18), LA (15), RF (18), RS (15), HW (16) dan DU (15) diamankan karena diduga mencuri ikan menggunakan jala di kolam ikan milik korban.

Setelah para pelaku berada di rumah korban dan berkumpul hendak menghakimi para pelaku pencurian tersebut, karena khawatir dengan banyaknya masyarakat yang berdatangan kemudian mereka dibawa ke Mapolsek Gading Rejo.

 

 

Reporter : Deni Andestia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *