Jadi jalur perlintasan, Nunukan darurat narkoba

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kepala BNNK Nunukan didampingi Kasi dan Staf Badan Narkoba Nasional Kabupaten Nunukan (BNNK). Rabu (10/10/2019) menggelar Coffe Morning bersama wartawan yang bertugas di Nunukan di Aula BNNK Nunukan.

Menurut Murjani Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) mengatakan bahwa Keberadaan BNN di kabupaten berumur 3 tahun mulai terbentuk tanggal 8 Nop 2016.

Seksi P2M memiliki tugas pokok yakni melakukan Pecegahan Desiminasi selama ini kami laksanakan tugas sesuai dengan Petunjuk Tehnis dari BNN Pusat berkewajiban melaksanakan Penyuluhan dan Sosialisasi tentang Bahaya Narkoba.

Sasaran kita yang pertama adalah intansi pendidikan, kita mensosialisasikan di sekolah-sekolah mulai tingkat SD hingga tingkat Perguruan Tinggi, kedua kita mensosialisasikan ke Intansi Pemerintah, seluruh kantor Dinas dan Badan yang ada dibawahi Pemerintah Daerah/Intansi Pertikal, ke tiga kepada masyarakat, mulai dari perkotaan hingga sampai ke pelosok Desa, ke Empat kita memasuki area swasta termasuk perusahaan dan perindustrian.

Sosialisasi dan penyuluhan ini terus menerus kita lakukan tampa hentinya demi masa depan anak cucu kita, jangan sampai mencoba bermain dengan Narkoba yang membahayakan bagi keluarga .

Tahun 2019 BNNK akan berusaha meruba srategi yakni dengan menjemput bola, kita langsung ke tingkat RT memberikan penyuluhan dan Deteksi dini, kita Tes Urin hampir semua kelurahan di dua kecamatan yakni Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan.

Selain itu kita sudah melakukan Tes Urin disejumlah Kantor dan Intansi dan SKPD yang bawahi oleh Pemerintah Daerah kabupaten Nunukan dan hasilnya kita laporkan secara transparan, setelah itu kami rekomendasikan kepada Kepala dinas dan Bupati nunukan.

Lanjut Murjani Salat, kita juga sudah membuat MoU dengan KUA, diamana setiap calon pengantin harus mengantongi surat bebas narkotikan yang dikeluarkan oleh BNN Kabupaten Kota, kalau terbukti positif, mereka tetap dinikahkan tetapi surat nikanya ditahann dulu oleh KUA, setelah Dua Minggu kami akan panggil, kita akan berikan edukasi dan rehabilitasi.

Sementara untuk non muslim sama diwajibkan memilik0i surat rekomendasi juga, namun nikahnya dikantor catatan Sipil dan akad Nikanya di Gereja, mudah-mudahan tahun 2020 kita akan mulai kerjasama, setiap pernikahan harus memiliki surat bukti bebas Narkoba .

Kita juga mensosialisasi UIkan kesejumlah perusahaan dan kita sudah melakukan penyuluhan serta Tes Urin disejumlah perusahaan, hampir 25% Perusahaan yang ada di kabupaten Nunukan kita lakukan pencegahan melalui Sosialisasi.

 

 

Reporter : Yusuf. P

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *