Kwarcab Pramuka, gelar Arkasa pertama di Kabupaten Lebak

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak – Sekilas mengetahui satuan organisasi yang mengatur gerakan pramuka ditingkat nasional disebut (Kwartir) dalam istilah kepramukaan, Kwartir tersebut dipimpin secara kolektif oleh para andalan dalam istilah Pramuka dan membawahi Kwartir Cabang (Kwarcab) yang mengelola gerakan pramuka berkedudukan di masing-masing tingkat Kabupaten dan Kota

Seperti Kwartir Cabang Kabupaten Lebak, untuk kalipertamanya mengadakan kegiatan Gelar Pramuka Desa (ARKASA) yang secara khusus di laksanakan mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Oktober 2019.

Kegiatan Arkasa yang digelar di Lapangan Ciuyah, Tepatnya di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak-Banten untuk Pramuka tingkat Desa se-Kabupaten Lebak

Pembukaan kegiatan tersebut juga di lakukan oleh Ketua Kwartir Cabang Kabupaten, sekaligus Wakil Bupati Lebak H.Ade Sumardi, SE.,M.SI.

Dalam sambutannya, Ade Sumardi menyampaikan, dengan digelar ARKASA ini semoga kegiatan Pramuka bisa disalurkan ke tingkat desa dan tidak hanya kepada anak-anak melainkan kepada kalangan masayarakat secara umum.

“Salah satu contoh, setiap upacara yang ikut hanya Pegawai saja, Saya berharap kedepan masyarakat mau ikut terlibat untuk menghormati hari-hari besar Nasional begitupula Pemerintah Desa, agar bisa melaksanakan kegiatan upacara dimasing-masing desanya.

Dalam pantauan mitrapol.com di lokasi kegiatan Gelar Pramuka Desa (Arkasa) nampak pasukan berkostum coklat dari Ranting Kecamatan Sobang juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Hasanudin,S.Pd, Selaku Sekretaris Desa Sukamaju, Kecamatan Sobang mengaku jika dirinnya mengirimkan 17 Putra dan 4 Putri dari tiap desa di Kecamatan sobang, namun menurutnya, masih ada beberapa desa yang tidak sama sekali mengirimkan peserta. “Siap-siap saja nanti,” tegasnya.

Aktifis pemuda adat kasepuhan Desa Cirompang sekaligus Bindamping Pramuka Kecamatan Sobang, Ajat Sudrajat, dirinya mengaju bangga sebagai putra daerah Sobang yang setiap Kegiatan dilaksanakan, baik ditingkat Kwarcab, Kwarda, Bahkan Kwartir tingkat Nasional, Kecamatan Sobang selalu hadir berpartisipasi.

“Dibawah Kepemimpinan H. Uded Yulyadi, M.Pd, sebagai Ketua Kwartir ranting Sobang, Kami terus diberi semangat dan diajarkan untuk Siap, berani, mengabdi, membela negeri, mudah mudahan Pemuda/i Sobang Siap untuk memajukan Pramuka di Desa”Pungkasnya

Diketahui, kegiatan yang diikuti oleh para peserta perwakilan dari sejumlah Desa tersebut merupakan kegiatan pertama yang diadakan oleh Kwarcab Lebak, dalam kegiatan ini, penyelenggara mengangkat materi Saka bhakti husada, Saka Wirakartika, Anti Narkoba dan juga Tanggap Bencana.

 

 

Reporter : Ubay Mcmp

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *