Warisan nenek moyang, Sedekah Bumi Desa Sumbon Meriah

by -31 views

MITRAPOL.com, Indramayu – Sedekah Bumi adalah merupakan salah satu bentuk ritual tradisional di desa Sumbon kecamatan Kroya, kabupaten Indramayu yang sudah berlangsung secara turun-temurun sejak nenek moyang.

Pada acara upacara tradisi sedekah bumi tersebut dengan hiburan wayang kulit Langen Budaya dari Celeng, dengan dalang Rusdi.

Acara tersebut dihadiri Muspika Kroya dan masyarakat desa Sumbon yang merayakannya tradisi sedekah bumi ini membuat tumpeng dan berkumpul di tempat desa Sumbon Kecamatan Kroya.

Setelah itu, masyarakat desa Sumbon membawa tumpeng ditempat Lokasi Balai Desa Sumbon untuk di doakan oleh sesepuh adat. setelah di doakan oleh sesepuh adat, Nasi tumpeng yang sudah di doakan oleh sesepuh adat setempat kemudian di makan secara ramai ramai.

Kuwu Desa Sumbon H.Jojo mengatakan Acara Sedekah bumi didesa kami ini semua adalah wujud rasa syukur kepada Allah SWT serta Mehormati kepada para leluhur/nenek moyang kita.

“Semoga dengan acara Sedekah bumi ini Desa Sumbon menjadi tambah makmur, diberikan rezeki yang barokah, desa yang aman tentram dan selalu dalam lindungan Allah SWT,” singkat Kuwu Jojo, Senin (21/10/2019).

Doa sedekah bumi tersebut dipimpin oleh sesepuh Tokoh Agama yang sudah sering dan terbiasa mamimpin jalannya ritual tersebut.

Sementara Itu Sekmat Kroya Sinar Agung mengatakan dengan adanya sedekah bumi yang di laksanakan di desa sumbon bertujuan aga petani didesa sumbon mendapatkan hasil yang lebih baik.Katanya.

“Ini pun,sekaligus berdoa bersama kepada allah swt agar musim kemarau segera selesai,”pungkasnya.

 

 

Reporter : Nanang

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *