Persiapan Operasi Zebra 2019, Polres Nunukan gelar pasukan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro.S.IK.,SH memimpin Apel gelar pasukan persiapan pelaksanaan Operasi Zebra 2019, yang akan digelar mulai tanggal 23 Oktober sampai 5 November 2019 di seluruh Polres jajaran Polda Kalimantan Utara. Rabu (23/10).

Kapolres Nunukan dalam sambutannya mengatakan bahwa Operasi Zebra ini diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.

Lanjut Kapolres, dari data di Polda Kaltara, jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2018, ada 3 kejadian, mengalami peningkatan satu kejadian, naik 50% dibandingkan periode yang sebelumnya yaitu tahun 2017 sejumlah 2 kejadian, sementara jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

Selama Operasi Zebra tahun 2018 sebanyak 1 orang mengalami peningkatan sebesar 100% dibandingkan periode Operasi Zebra sebelumnya di tahun 2017 nihil korban.

Tahun 2018 sejumlah 3.537 sedangkan pelanggaran lalu lintas tahun 2017 sejumlah 3.207 mengalami peningkatan sejumlah 330 apel 10% dengan jumlah Tilang tahun 2018 sebanyak 2.325.

Daftar lantas antara lain pelanggaran kecepatan 6 perkara trend 0% helm sebanyak 699 perkara Naik 30% sabuk pengaman 65 perkara naik 713% pengemudi mabuk.

Dibawah umur 118 perkara naik 3833 persen penggunaan HP saat mengemudi 255 perkara naik 380 1% dan melawan arus 631 perkara naik 32% serta pelanggaran lainnya.

Lalu lintas harus bersinergi dengan seluruh elemen yang terkait di bidang keselamatan lalu lintas di jalan.

Lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas .

Keselamatan lalu lintas merupakan langkah-langkah kepedulian negara untuk satu mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran berlalu lintas.

Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Operasi Zebra 2019 ini dilaksanakan sebagai Cipta kondisi operasi lilin tahun 2019 dan tahun baru 2020 .

Pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2019 kali ini ada 8 prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas:

1. Pengemudi menggunakan handphone.
2. Pengemudi melawan arus.
3. Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari 1 Orang .
4. Pengemudi di bawah umur 5 pengemudi .
5. Penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI .
6. Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau.
7. Pengemudi berkendaraan melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan.
8. Penyalahgunaan rotator dan sirine dengan penegakan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut maka pelaksanaan Operasi Zebra ini dapat diharapkan akan dapat mendorong.

Sementara tujuan dari Operasi Zebra 2019 yaitu:

1. Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.
2. Pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.
3. Menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas
4. Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya Citra tertib dalam berlalu lintas.

Kapolres Nunukan juga memberikan penekanan dan pengarahan serat pedoman dalam pelaksanaan tugas yaitu,

Tingkatkan koordinasi dan kerjasama dengan stakeholder terkait dan TNI baik pada level provinsi, kabupaten dan satuan Brigade Batalyon dan Pom atau keropos pada kesatuan-kesatuan, sehingga pelaksanaan operasi berjalan kondusif dan sinergis.

Jaga keselamatan dalam pelaksanaan tugas tingkatan disiplin anggota dan terwujudnya pelayanan yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta bertindak tegas namun Humanis terhadap setiap pelanggaran, pesan Kapolres Nunukan.

 

 

Reporter : Yusuf. P

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *