Polres Batang gelar Operasi Zebra Candi 2019

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jateng – Sebagaimana diketahui bersama, bahwa kelancaran lalu lintas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian yang dapat menunjang pembangunan nasional. Permasalahan lalu lintas dewasa ini, telah berkembang sangat pesat, sebagai dampak dari tingginya pertumbuhan penduduk, bertambahnya jumlah kendaraan, kurang memadainya angkutan massal, pertumbuhan infrastruktur jalan yang rendah serta rendahnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Maka Operasi Zebra Candi 2019, adalah jawaban agar kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas semakin meningkat. Kita akan melaksanakan Operasi Kewilayahan Zebra Candi secara serentak selama 14 hari, mulai 23 Oktober hingga 5 November,” kata Kapolres Batang AKBP Edi S. Sinulingga melalui Wakapolres Batang Kompol Hartono saat menjadi inspektur pada Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi, di halaman Mapolres Batang, Rabu (23/10).

Kompol Hartono mengatakan, pihak Polres Batang berupaya untuk meningkatkan kepatuhan serta kedisiplinan masyarakat dalam berlalulintas, khususnya terkait administrasi kendaraan bermotor sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas, melalui upaya penegakkan hukum dengan berbasis teknologi informasi, guna meminimalisir jumlah pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polda Jateng,” terangnya.

Tujuan lain digelarnya operasi ini agar terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran di wilayah hukum Polda Jateng.

“Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi selama bulan Januari – September 2019, jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah Polda Jawa Tengah sebanyak 19.262 kejadian dengan korban meninggal dunia mencapai 3.167 orang. Sedangkan jumlah pelanggaran lalu lintas mencapai 1.507.023,” paparnya.

Kompol Hartono mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat bahwa pada prinsipnya operasi ini bersifat terbuka dalam bentuk Harkamtibmas di bidang lalu lintas yang dilaksanakan dengan mengedepankan penegakan hukum secara humanis, modern dan berbasis elektronikm serta selektif prioritas dengan didukung kegiatan preemtif dan preventif, guna terciptanya Kamseltibcarlantas.

“Hindarkan tindakan yang arogan yang tidak mencerminkan seorang pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Tetap berperilaku simpatik namun tegas serta tidak mencari-cari kesalahan para pelanggar, utamakan pelayanan prima yang anti KKN dan anti kekerasan selama bertugas,” tandas Kompol Hartono.

 

 

Reporter : Irul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *