Amrulloh, Anggota DPRD Metro benarkan ada settingan dalam pembentukan AKD

by -235 views

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Dalam pembentukan AKD memang ada settingan, bukan hanya di DPRD Kota Metro Lampung tetapi diseluruh Indonesia. Hal ini diungkapkan Amrulloh, selaku anggota DPRD Kota Metro Lampung yang juga sekretaris Fraksi Demokrat saat ditemui awak media, Jum’at (25/10).

“Ya benar memang settingan, dalam tata tertib atau aturan-aturan lainya Alat Kelengkapan Dewan memang disusun, karena semua anggota DPRD selain dari pimpinan DPRD wajib masuk ke Komisi, tapi kalau diluar Komisi tidak wajib, jadi kalo ada komentar bernada setingan ini salah, coba diperbaharui pemikiran tersebut agar tidak didasari pada hal yang negatif thinking,” ujarnya.

Tambah Amrulloh,”Kenapa disusun karena anggota DPRD sudah ada 25 orang dan tinggal disusun, susun inikan sama dengan diatur atau ditata. Dalam bahasa Inggris berarti setting, jadi benar disetting, karena tidak mungkin tiba- tiba bisa tersusun sendiri,” jelasnya.

Selanjutnya ia menerangkan bahwa dalam penyusunan AKD bukan tolak ukur dari jumlah suara dan kursi.

“Tidak ada di dalam Tatib maupun peraturan perundang- undangan yang mengatur penyusunan AKD. Artinya ketika ada yang mengartikan dasarnya adalah perolehan suara itu merupakan pemikiran awam tanpa dasar pemahaman yang memadai dan sudut pandang kepentingan kelompok tersebut saja. Selain itu yang menyusun AKD ini orang banyak, maka dibutuhkan komunikasi politik, kemudian komunikasi inilah yang membuahkan susunan, ketika memang komunikasi politik ini berdasarkan pengalaman, Demokrat tidak salah jika lebih piawai dalam berkomunikasi sehingga dipercaya menjadi unsur pimpinan komisi,” jelas Amrulloh.

Bermodal pengalaman selama dua periode dua anggota DPRD dari Fraksi Demokrat mampu bekerja dengan baik.

“Saudara Fahmi Anwar sudah 2 periode atau 10 tahun punya pengalaman baik sebagai ketua fraksi, ketua komisi, bahkan menjadi pimpinan DPRD Kota Metro, begitupun saudara Basuki Rahmat, asam garam dalam berpolitik telah teruji selama dua periode menjadi anggota legislatif. Jika ini dikaitkan dengan suara Nasdem yang lebih banyak itu tidak berpengaruh dalam penyusunan Alat Kelengkapan Dewan ini. Selain itu fraksi-fraksi yang ada di DPRD merekomendasikan anggotanya sesuai dengan kemampuan anggotanya masing-masing untuk duduk disetiap komisi, mudah-mudahan ini merupakan susunan yang terbaik,” tutup Amrulloh.

 

 

Reporter : Muktaridi

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *