Korupsi biaya perjalanan dinas, Mantan Wakil Ketua DPRD Tapteng dituntut 6,5 tahun penjara

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Sintong Gultom, mantan Wakil Ketua DPRD Tapanuli Tengah periode 2014-2019, dituntut dengan hukuman 6,5 tahun penjara, karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi biaya perjalanan dinas DPRD Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Tuntutan terhadap Sintong dibacakan oleh JPU Rali Dayan Pasaribu dalam persidangan yang digelar di Cakra IX PN Medan, Kamis (24/10/2019)

Dalam persidangan, JPU juga membacakan tuntutan yang sama kepada Sideli Zendato, eks anggota DPRD Tapteng yang terjerat dalam kasus yang sama.

Kedua terdakwa juga dituntut untuk membayar denda masing-masing sebesar Rp 200 juta subsider tiga bulan kurungan.

Perbuatan terdakwa, papar jaksa, melanggar Pasal 2 ayat (1) jo. Pasal 18 ayat (1) UU No.31 Tahun 1999, sebagaimana telah diubah dengan UU No .20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 64 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

JPU meminta majelis hakim diketuai Aswardi Idris memberikan hukuman tambahan kepada kedua terdakwa berupa pembayaran pengganti kerugian negara.

Jaksa meminta agar terdakwa mengembalikan kerugian negara sebesar Rp92 juta dengan ketentuan jika tidak membayar subdider 3 tahun 3 bulan penjara.

Sedangkan untuk terdakwa Sideli Zindato, jaksa membebankan uang pengganti Rp Rp200 juta dengan ketentuan jika tidak membayar subsider 3 tahun 6 bulan penjara.

Usai pembacaan tuntutan, kedua terdakwa menyatakan akan menyampaikan nota pembelaan pada persidangan berikutnya.

 

 

Reporter : Zul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *