Pengukuhan dan Rapat Kerja Lembaga Adat Kerajaan Gowa

  • Whatsapp
Prosesi "Angngaru" dihadapan Raja Gowa sebelum pengukuhan Lembaga Adat

MITRAPOL.com, Sulawesi Selatan – 129 orang yang tergabung dalam jajaran kabinet kerajaan Gowa, yang akan bekerja membantu Raja Gowa ke 38, YM. Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembangparang, mengikuti kegiatan Pengukuhan dan Rapat Kerja Kerajaan Gowa, Ahad (27/10). Bertempat di hotel Sultan Alauddin and Convention Makassar, dalam rangka menjaga Adat tradisi dan budaya.

Dalam kegiatan pengukuhan Lembaga Adat Gowa ini turut dihadiri Kapolres Gowa Akbp. Shinto Silitonga S.Ik, M.Si, Para pemangku adat kerajaan Gowa dan segenap undangan.

Penanda tanganan Surat Keputusan Pengukuhan Lembaga Adat kerajaan Gowa.

Dalam sambutannya Raja gowa mengatakan, kegiatan ini sudah lama ingin dilaksanakan, namun karena banyak aspek kesibukan dan lainnya sehingga baru bisa terlaksana, dan saya mengucapkan terima kasih kepada Towilalang sebagai panitia pelaksana sehingga acara ini dapat berlangsung, dan ucapan terima kasih kepada Bupati Gowa, Walikota Makassar dan Gubernur Sukawesi Selatan, yang senantiasa memberikan petunjuk dan bantuan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik kalaupun mungkin masih ada kekurangan sana sini tapi itulah kita sebagai manusia biasa, ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, terkhusus kepada hadirin yang saya hormati bahwa dengan kehadiran kita bersama pada hari ini karena kita senantiasa ingin melestarikan budaya, menjaga pesan pesan leluhur, menjaga adat tradisi kita. Dan saya yakin inilah yang mengantar kita sehingga kerajaan Gowa di kenal di belahan nusantara.

Raja Gowa ke 38, YM. Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang bersama permaisuri

Saat ditanyakan oleh media kepada YM. Andi Kumala Idjo, apa peran dan rencana kerja Lembaga Adat ini, YM. Andi Kumala Idjo menjawab, tentu diharapkan bahwa diberikan porsi dan bagian agar bisa berkolaborasi, dan bertanggung jawab untuk membantu dan bersama sama pemerintah dengan sinergitas dalam menjaga adat dan tradisi terutama dalam kebudayaan.

Lanjutnya, dan setelah pengukuhan ini kita lanjutkan dengan rapat kerja yang bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan kegiatan selama ini yang telah di lakukan pendahulu kita dan membuat program kerja 5 tahun kedepan. Tentunya menjadi sebuah harapan kita bersama untuk senantiasa menjaga adat tradisi dan budaya kita karena ini sangat penting dengan adanya Undang-Undang yang mendasari dan tentu ini semua tanggung jawab untuk bersama-sama, ujarnya.

 

 

Reporter: Armand AR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *