Poldasu berhasil ungkap jaringan narkoba antar provinsi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com. Sumut – Kepolisian Daerah Sumatera Utara berhasil mengungkap jaringan peredaran narkoba antar Provinsi. Dalam Press releasenya Kapoldasu memberi keterangan bahea dalam 10 hari, Dit Narkoba Poldasu ad 572 kasus dan 745 orang tersangka dengan barang bukti Narkoba 22.643.36 gram sabu, 113.536 gram ganja 2.463 butir pil ekstacy, 3 butir pil epilon, dan jaringan Propinsi NAD Propinsi Sumut khususnya Kota Binjai jumlah kasus 3 dan jumlah tersangka 7 orang lainnya berinisial M als Z, F, FA als I, S, EWS, A dan Jan.

Satu orang tersangka berinisial M als Z ditembak kaki sebelah kiri dan 2 orang tersangka berinisial F dan FA, als I ditembak kaki sebelah kanan dengan barang bukti 35 kg sabu. Jumlah kasus 575 dan jumlah tersangka 752 orang.

Dari hasil interogasi tersangka M als Z bahwa temanya berinisial F menyuruh M als Z, bahwa Narkotika jenis sabu tersebut dan F juga bertugas sebagai pengawal dengan menggunakan 1 (satu) unit mobil Mitsubishi expander No.Bk 1759 Ow, selanjutnya petugas Kepolisian Unit 1 Subdit III Diresnarkoba Poldasu melakukan pengembangan dan berhasil memberhentikan satu unit mobil Mitsubishi expander, No.Pol 1759OW yang dikendarai oleh tersangka yang berinisial F dan FA als I selanjutnya dilakukan penggeledahan terhadap mobil tersebut namun tidak ditemukan barang bukti Narkoba.

Selanjutnya ketiga tersangka tersebut dibawa guna dilakukan pengembangan ke kota Binjai tempat tiga tersangka mengantar Narkotika jenis sabu, sewaktu tersangka F menunjukkan tempat di kota Binjai 3 (tiga) tersangka melakukan perlawanan sehinggga Petugas Kepolisian melakukan tindakan tegas dengan melumpuhkan tersangka dengan cara menembak kaki sebelah kanan tersangka F dan FA als I dan kaki sebelah kiri M als Z. Kemudian tersangka M als Z, F dan FA als I dibawa kerumah sakit Bhayangkara cabang Medan untuk mendapatkan pengobatan.

Setelah selesai perawatan medis tersangka M als Z dan F dan FA als I berserta barang bukti ke kantor Diresnarkoba Poldasu untuk proses lebih lanjut. Tersangka M als Z, F dan FA als I turut disita barang bukti berupa Narkotika jenis sabu sebanyak 30 (tiga puluh) bungkus dengan berat lebih kurang 30 (tiga puluh) kilogram.

Para tersangka dituduhkan telah melanggar Pasal 111 ayat (1) atau pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (2) Jo. Pasal 132 ayat (1) UU RI NO.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman Pidana mati, pidana seumur hidup atau paling singkat penjara 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit 1.000.000.000. 00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak 10.000.000.000.00 (sepuluh milar) penangkapan atau keberhasilan ini selama 10 (sepuluh) hari Operasi Antik Toba dilakukan.

 

 

Reporter : Har

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *