Buronan perkara pemalsuan pasrah diciduk Tim Intel Kejatisu

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, dipimpin Asisten Intelijen Kejatisu Andi Murdji berhasil menangkap DPO tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Medan, Ernita Wati (49) di rumahnya, Jalan Eka Warni Komplek Rispa III, Medan Johor, Senin (28/10).

Asintel Kejatisu Andi Murdji, didampingi Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian menjelaskan, terdakwa melarikan diri pada saat jaksa akan melimpahkan berkasnya ke Pengadilan Negeri Medan, Agustus 2017 lalu. Terdakwa melarikan diri ke Singapura, kemudian ke Kotacane, Aceh.

Setelah diterbitkan surat yang menyatakan Ernita Wati sebagai DPO Kejari Medan tahun 2017,, maka pergerakan terdakwa tidak lepas dari pemantauan tim intelijen.

“Dia ditangkap dan diamankan dari rumahnya untuk selanjutnya berkoordinasi dengan tim dari Kejari Medan serta melakukan proses serah terima dari Kejati Sumut untuk selanjutnya dilakukan proses administrasi dan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Medan,” kata Andi Murdji.

Selanjutnya, Kasi Pidum Kejari Medan Parada Situmorang didampingi Kasi Intel M Yusuf menyampaikan, terdakwa merupakan DPO Kejari Medan sejak tahun 2017.

“Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana berdasarkan pasal 264 ayat (1) butir 1 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana,” jelasnya

Perlu diketahui, terdakwa Ernita Wati bersama Robert Silalahi (berkas terpisah) melakukan perbuatan melawan hukum memasukkan keterangan palsu dalam akta jual beli sebidang tanah di Jalan Eka Warni Medan, kata Parada.

Setelah dilakukan penelitian terhadap surat-surat akta jual beli, lanjut Parada, ternyata suratnya juga palsu dan keinginan terdakwa untuk menerbitkan Sertifikat Hak Milik (SHM) atas sebidang tanah tersebut tidak bisa terealisasi karena sudah diketahui oleh orang-orang yang dimasukkan dalam akta jual beli tandatangannya dipalsukan.

“Atas perbuatannya, terdakwa diancam hukuman maksimal 8 tahun penjara,” tandasnya.

 

 

Reporter : Zul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *