Wabub Tobasa bersama siswa SMP tanam Bibit Enau dengan ketapel

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tobasa – Wakil Bupati Toba Samosir (Toba) Ir. Hulman Sitorus menyambut baik serta mengapresiasi gagasan dan upaya mencintai lingkungan yang dimotori oleh Zainal Pangaribuan dengan menanam 1000 bibit batang Pohon Bagot atau Borta (Enau) di Dusun IV desa Sintong Marnipi, Kecamatan Laguboti, Senin (28/10).

Wakil Bupati Hulman juga memuji keterlibatan 100 pelajar SMP Negeri 2 Laguboti dalam kegiatan menanam dan cara melempar biji sejauh mugkin di lembah dengan menggunakan ketapel.

“Ini akan menanamkan cinta lingkungan bagi anak-anak pelajar ” terang hulman sitorus.

Zainal Pangaribuan selaku penggagas kegiatan menanam Enau mengatakan, kegiatan ini adalah gerakan cinta lingkungan dan peduli lingkungan yang harus dimulai sejak dini.

Zainal menerangkan, cara menanam bibit yang baik di lahan datar 30 M X 30 M dengan menggali lobangnya dan selama 2 hari diberi kompos yang sudah dicampur tanah. Cara kedua terang Zainal, dengan melempar biji pohon Enau ini dengan ketapel.

Total luas lahan yang akan ditanami ada 2 Ha dan tahap pertama 1000 Batang dari rencana total 2000 Batang.

Hasil pengamatan mitrapol, hal yang unik dan seru adalah saat melempar biji ke arah lembah dengan ketapel, secara bersama-sama Wakil bupati Hulman, Kadis Lingkungan Hidup Tobasa Mintar Manurung, Camat Laguboti Nelly AD Tobing, Guru dan pelajar SMPN 2 Laguboti melakukan pelemparan biji Enau menggunakan ketapel.

Usai melakukan penanaman, selanjutnya Wakil bupati Hulman sitorus bersama seluruh peserta menikmati kopi dan makanan Hare (makanan khas tradisional batak) di lokasi.

 

 

Reporter : Abdi. S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *