Lunturnya Nilai Luhur Sumpah Pemuda, Komunitas PNM adakan diskusi publik

by -88 views

MITRAPOL.com, Jakarta – Dalam rangka momentum hari sumpah pemuda, salah satu komunitas pemuda yang bernamakan Komunitas Persatuan Nusantara Maju (PNM) mengajak para generasi muda (milenial) sekarang untuk kembali membangkitkan nilai-nilai luhur dari sumpah pemuda yang telah diikrarkan 91 tahun silam pada 28 Oktober 1928.

Aep Sunandar Ketua Panita acara mengatakan lunturnya nilai luhur dari pada makna sumpah pemuda, dikarenakan sudah tergerusnya oleh perkembangan zaman, hal itu di ungkapkan setelah acara diskusi yang di adakan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, bertema ‘Peranan Sumpah Pemuda dalam Kemerdekaan’ Jalan Biak, Cideng, Jakarta Pusat, Jum’at (31/10) malam.

Aep Sunandar mengingatkan agar generasi muda sebagai penerus bangsa, harus tetap terus mengobarkan semangat juang generasi muda untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa demi Indonesia lebih maju.

“(diskusi) Hari Sumpah Pemuda, untuk memberikan semangat pemuda milenial sekarang ini dan membangun semangat pemuda, jadi jangan sampai anak-anak muda sekarang dengan nilai-nilai sumpah pemuda sudah jauh banget langkahnya. Kita harus bangun dan membangkitkan mereka kembali nilai-nilai (Sumpah Pemuda),” ujarnya aep

Acara yang diadakan oleh PNM tersebut menghadirkan beberapa pembicara diantaranya adalah Komjend Dharma Porengkun (Waka Badan Siber dan Sandi Negara), Nancy Angela Hendriks (Patriot Manguni Makasiouw) dan Ibu Indra Soegandi (Nasionalis), yg mengalami 3 zaman di Pemerinthan, orde lama, orde Baru dan Reformasi

Dalam kesempatan itu politikus wanita Indonesia, Indrawati Soegandi mengungkapkan, ikrar sumpah pemuda itu harus dijabarkan secara jelas bagi generasi muda sekarang.

“Saya sarankan kepada pemuda sekarang, Sumpah Pemuda itu jangan hanya diucapkan saja ‘kami putra putri Indonesia, berbangsa satu (bangsa Indonesia), jadi bangsa Indonesia harus dijabarkan, yang menginginkan bangsa yang jujur, amanah dan sebagainya. Dan kesadaran tanah air yang seperti apa?. Jadi itu yang perlu dijabarkan, bahwa itu meliputi kepulauan, darat, air dan laut,” ujar Indrawati.

Aep menambahkan bahwa tujuan dibentuknya komunitas PNM yang diadakan bertepatan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 adalah upaya mengedepankan nilai-nilai luhur kepemudaan yang lebih maju dan milenial.

“Alhamdulillah, acara ini kita selenggarakan dengan sedikit waktu yang kita perlukan untuk persiapan, sesingkat-singkatnya dan di tanggal 28 Oktober 2019 inilah lahirnya Persatuan Nusantara Maju,” ujar Aep

Aep juga berpesan kepada para pemuda untuk lebih mengedepankan nilai-nilai luhur sumpah pemuda.

“Jadi, untuk pertama bagi milenial, kita harus mengedepan kan nilai-nilai luhur dari sumpah pemuda ini,” tutup Aep.

 

 

Reporter : BS

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *