Perbaikan jalan memakan korban, Polres Muba panggil Kontraktor

by -40 views
Kapolres Muba, AKBP Yudhy Surya Markus Pinem S. Ik

MITRAPOL.com, Muba – Proyek perbaikan jalan disepanjang jalan Kol. Wahid Udin Kota Sekayu yang tidak disertai tanda atau rambu-rambu yang berdampak membahayakan pengguna jalan dan mengakibatkan banyak memakan korban.

Kapolres Muba, AKBP Yudhy Surya Markus Pinem S. Ik melalui Kasat Lantas AKP Candra Kirana S. Ik dikonfirmasi perihal tersebut mengatakan pihaknya telah memanggil kontraktor yang mengerjakan proyek perbaikan jalan di sepanjang kol wahid udin Kota Sekayu.

“Ya, kontraktornya sudah kita panggil mereka harus bertanggung jawab, sampai saat ini terdata laka tungga ada 10 orang,” ungkap Candra Kirana.

Dikatakanya, Berdasarkan ketentuan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 273 dijelaskan : Setiap penyelenggara Jalan yang tidak dengan segera dan patut memperbaiki Jalan yang rusak yang mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat (1) sehingga menimbulkan korban luka ringan dan/ atau kerusakan Kendaraan dan / atau barang dipidana dengan penjara paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).

Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan luka berat, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).

Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp 120.000.000,00 (seratus dua puluh juta rupiah).

“Penyelenggara Jalan yang tidak memberi tanda atau rambu pada Jalan yang rusak dan belum diperbaiki sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp1.500.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah),” terangnya.

 

 

Reporter : Anto

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *