Punggawa Tonrorita Biringbulu “Abdul Halim” dikukuhkan

by -39 views
Penyerahan Kalompoang, simbol pengukuhan Punggawa Tonrorita

MITRAPOL.com, Sulawesi Selatan – Mewujudkan pelestarian adat istiadat dan budaya Kabupaten Gowa. Maka kembali dilakukan pengukuhan perangkap adat “Punggawa Tonrorita” yang di lakukan oleh Sombayya Ri Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang parang Batara gowa III Raja Gowa ke 38.

Pengukuhan punggawa Tonrorita tersebut di inisiasi oleh Baso Dg Mattola Karaeng Tompobulu, turut di hadiri oleh permaisuri Raja Gowa ke-38 A. Hikmawati Andi Kumala Idjo, Ketua Dewan Adat Batesalapang Kerajaan Gowa Ir Abdul Razak Tate Dg Jarung, Perwakilan Takalia Abdul Kadir Mansyur, Gallarrang Borongloe, beberapa jajaran lembaga adat yang sempat hadir. Pengukuhan Punggawa Tonrorita tersebut berlangsung hikmat di saksikan oleh beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama dan segenap warga setempat di kediaman H. Abdul Halim, selaku punggawa Tonrorita di Kelurahan Tonrorita, kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa. Minggu (3/11).

Baso Krg Mattola dalam sambutan menyampaikan harapannya bahwa untuk mengembalikan adat istiadat budaya di daerah ini sehingga di laksanakan pengukuhan punggawa Tonrorita sebagai simbol adat yang ada di Tonrorita Biringbulu.

Baso Krg Mattola, Karaeng Tompobulu

Sementara itu Andi Kumala Idjo, dalam sambutannya mengatakan adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat menjadi salah satu modal sosial yang di manfaatkan dalam rangka pembangunan. Sehingga menjadi harapan kita bersama untuk menjaga adat tradisi dan budaya kita.

Lanjut Andi Kumala Idjo, menyampaikan bahwa harapannya dengan di kukuhkannya Punggawa Tinrorita ini dapat bersinergi pemerintah setempat berkaitan dengan permasalahan adat dan budaya yang ada khususnya di Tonrorita ini.

“Dengan pengukuhan simbol adat tersebut di harapkan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan, saling menghargai dan memahami kebersamaan dalam bingkai adat istiadat yang ada. Dan lebih lanjut pada kesempatan ini dalam rangka Melestarikan tradisi budaya maka akan di laksanakan “Maudu’ Adatka” Kami mengundang Punggawa Tonrorita dan masyarakat untuk dapat menghadiri “Maudu’ Adatka” di Balla Lompoa, Sabtu (9/11) mendatang, ungkapnya.

Silaturrahmi Raja Gowa ke-38, di kediaman Gallarrang Pencong

Setelah pengukuhan Punggawa Tonrorita, rombongan kerajaan Gowa bersilaturahmi ke kediaman Gallarang Pencong Biringbulu, H. Abdul Rahman Situju. Ungkapan terima kasih pun tak luput di sampaikan oleh Gallarrang Pencong atas kunjungan dan perhatian yang di berikan oleh Raja Gowa ke-38. Kegiatan ini sangat bagus dan mengingatkan kembali kepada segenap pemangku adat untuk senantiasa menjaga dan melestarikan adat istiadat dan budaya seperti dulu, pungkasnya.

 

 

Reporter: Armand AR

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *