Takut dipecat, ART tega bunuh bayi sendiri

by -25 views

MITRAPOL.com, Medan – Dewi Purnama Sari (28) warga Tulung Mili Indah, Kotabumi, Kab. Lampung Utara, Lampung, tega membunuh bayi yang baru dilahirkannya dan membuang jasadnya ke tong sampah. Akibatnya, dia harus pasrah di vonis lima tahun penjaran di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (4/11).

Berdasar fakta-fakta terungkap di persidangan, hakim ketua Richard Silalahi menyatakan, sependapat dengan tuntutan jaksa, yakni adanya tindak pidana Pasal 341 KUHPidana, pembunuhan berencana terhadap bayi yang baru dilahirkan.

Putusan majelis hakim lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Joice Sinaga yang menuntut 8 tahun penjara. Meski demikian, jaksa menyatakan pikir-pikir atas vonis hakim. Hal senada juga dinyatakan oleh terdakwa.

Peristiwanya Selasa 19 Maret 2019, sekira pukul 04.30 WIB, saat terdakwa bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) di rumah majikannya di Perumahan Malibu Indah Raya Blok H No. 27 Kel Suka Damai, Medan.

Dalam persidangan terungkap, saksi-saksi yang juga pembantu, mendengar dua kali suara teriakan dari kamar mandi. Kemudian saksi juga melihat terdakwa membawa bungkusan plastik kresek ke luar rumah, namun saksi tidak mengetahui apa isi bungkusan tersebut.

Meski demikian, setelah terbongkarnya kasus ini, terdakwa sempat bercerita kepada saksi, bayi yang dilahirkan berjenis kelamin perempuan. Bayi itu merupakan hasil hubungan dengan suami keduanya.

Sementara, majikan terdakwa, Linda mengakui dalam persidangan dirinya tidak memperkerjakan wanita yang sedang hamil karena akan mengganggu pekerjaannya.

” Itu sudah menjadi peraturan kepada pembantu yang bekerja di rumah saya. Pembantu yang lain juga sudah setuju. Kalau mereka hamil tidak boleh bekerja,” beber Linda.

Sesuai dakwaan, terbongkarnya kasus ini berawal dari penemuan mayat bayi perempuan di plastik kresek hitam oleh petugas kebersihan yang kemudian melapor ke polisi.

Tak lama, petugas Polsek Medan Baru melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus Dewi saat dirawat di Rumah Sakit Materna, Medan.

Terdakwa Dewi mengaku nekat membunuh bayinya dengan cara mencekik. Alasannya, dia takut ketahuan dan dipecat oleh majikannya.

 

 

Reporter : Zul

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *