Postingannya diduga langgar UU ITE, Asiz cs dipanggil Polisi

by -672 views

MITRAPOL.com. Gowa — Akibat memposting, mengunggah, Video melalui akun Facebooknya, warga Kanreapia mendapat panggilan dari Ditreskrimsus Polda Sulsel, terkait kontennya yang diduga melanggar UU ITE.

Salah satu Desa di wilayah dataran tinggi Kab Gowa Desa Kanreapia heboh menjadi pemberitaan dibeberapa media online,
berita bermula dari siaran langsung salah satu warga Kanreapia pemilik akun bernama Abd Azis

Warga Kanreapia berinisial DA terpaksa berurusan dengan pihak berwajib lantaran melakukan siaran langsung melalui Facebook yang diunggah pada tanggal 4 Agustus 2019 lalu, dimana video tersebut disiarkan langsung dirumah salah satu Kadus di Desa Kanreapia, kec. Tombolo Pao. Kabupaten Gowa

DA diduga telah menyebarluaskan video tersebut dengan konten yang isinya menyebutkan bahwa warga berinisial Ab tidak bisa lagi tinggal di Desa Kanreapia, atau di usir dari Desa Kanreapia, namun tanpa alasan mengapa dia diusir.

Dalam video yang berdurasi 03:31 menit itu, pembicara tidak menyebutkan alasan tersebut, hingga disini lah diduga bahwa isi pembicaraan tersebut mengandung konten pelanggaran UU ITE, karena telah melakukan penyebaran berita yang tidak benar (hoax) dan mengusir warga Ab dari tempat tinggalnya yang sampai saat ini tidak bisa dibuktikan oleh kedua belah pihak yakni Polisi dan adat Desa setempat.

Namun belakangan mereka di video tersebut yang disiarkan langsung seakan akan hal tersebut terjadi alias terbukti.

Akhirnya pada hari Senin (04/11)  AS akan dipanggil oleh pihak penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel, selain AS Adapula AC selaku pembicara dalam video it juga terancam ikut terlibat dalam pencemaran nama baik tersebut kemudian warga yang hadir jumlahnya lebih dari 20 orang, memang dalam video tersebut terlihat sekelompok warga hadir menyaksikan pemaparan tersebut yang seakan akan dibuat-buat agar korban (Ab) terbukti telah melakukan perbuatan itu, lalu kemudian salah seorang diantara mereka merekam secara live kemudian diunggah ke akun FB nya.

Sesuai dalam surat panggilan tersebut, dimana Kanit III Subdit 5 Ditreskrimsus Polda Sulsel membenarkan adanya surat pemanggilan tersebut kepada saudara Abd Azis untuk di mintai keterangan prihal konten video yang dia sebar melalui akun pribadi miliknya.

Saat ini Penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel sedang melakukan penyelidikan dugaan terjadinya tindak pidana ITE yaitu tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan/atau pencemaran nama baik

Kami akan proses sesuai UU ITE, dan jika terbukti melanggar UU ini maka Abd Azis terancam dengan Hukuman Penjara 6 tahun atau denda 1 Milliar.

Saat berita ini di turunkan, pihak Media/ wartawan masih melakukan pendalaman tahap klarifikasi terhadap Abd Azis CS. Minggu, (03/11).

 

 

TIM

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *