Menuju Sekolah Ramah Anak, MTsN 1 Lampung Timur belajar diluar kelas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – MTs Negeri 1 Lampung Timur melaksanakan program sehari belajar di luar kelas. Kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan kondisi Madrasah yang aman, nyaman, sehat, ramah dan menyenangkan bagi anak atau disebut dengan Sekolah Ramah Anak (SRA) atau dengan kata lain anak-anak yang ada dapat terpenuhi haknya. Kegiatan dilaksanakan serentak, Kamis (7/11).

Kepala MTsN 1 Lampung Timur H.Irwin S.Pd.,M.Pd menjabarkan hal ini penting dilakukan karena alasannya sepertiga hidup anak berada di sekolah, namun kondisi saat ini tak sepenuhnya anak di sekolah sudah aman, masih banyak hal yang membahayakan ketika mereka berada di sekolah,

“Bicara anak adalah bicara masa depan Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia peringkat empat di dunia. Kita harus mengejar kualitas. Caranya kalian semua harus rajin belajar. Belajar tidak hanya di kelas tetapi juga di luar kelas, agar kalian semua bahagia,” paparnya.

Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak diharapkan menghasilkan :

(1) Terwujudnya sekolah yang aman dan menyenangkan bagi peserta didik karena bebas dari kekerasan antar peserta didik maupun kekerasan yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan
(2) Terbentuknya perilaku pendidik dan tenaga kependidikan yang berprespektif anak
(3) Penerapan disiplin positif yang membantu anak untuk berfikir dan bertindak benar untuk anak yang dianggap melalaikan kewajibannya bukan sanksi atau hukuman yang selama ini dilakukan.
(4) Meningkatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan dalam pengambilan keputusan di sekolah.

 

Reporter : Muktaridi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *